Apa yang Terjadi Jika Iran Dikeroyok Israel dan Amerika Cs, Ini Analisanya

Minggu, 18 Agustus 2024 - 09:09 WIB

Apa yang Terjadi Jika Iran Dikeroyok Israel dan Amerika Cs?



AS sudah mengerahkan aset-aset tempur terkuatnya ke Timur Tengah untuk membela Israel dari potensi serangan balas dendam Iran.

Aset-aset itu mencakup kelompok tempur kapal induk dengan jet tempur siluman F-35 dan F-22, serta kapal selam bertenaga nuklir dengan rudal jelajah Tomahawak. Pemimpin Tertinggi IranAyatollah Ali Khamenei tidak gentar dan menyebut manuver semacam itu sebagai "perang psikologis" yang sengaja dikobarkan musuh untuk menakut-nakuti Iran.

Posisi Amerika sejauh ini adalah defensif demi menyelamatkan sekutunya, Zionis Israel. Namun bukan tidak mungkin posisi itu berubah menjadi ofensif jika seruan provokatif Israel berhasil. Berikut beberapa kemungkinan dampak dan skenario yang terjadi jika Iran dikeroyok Zionis dan Amerika Cs:

1. Rezim Khamenei Bisa Tumbang



Jika serangan keroyokan semacam itu terjadi, dan Iran kalah maka rezim pimpinan Ayatollah Ali Khamenei bisa tumbang—sebuah harapan dari rezim Zionis Israel selama ini.

2. Kerusakan Infrastruktur dan Krisis Energi



Serangan keroyokan tersebut, jika terjadi, bisa menyebabkan kerusakan besar pada infrastruktur Iran, termasuk fasilitas militer, industri, dan infrastruktur sipil.

Ini bisa mengakibatkan gangguan besar dalam pasokan listrik, air, dan layanan penting lainnya.

3. Krisis Kemanusiaan

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More