Apakah Peraih Nobel Perdamaian Bisa Membawa Bangladesh Keluar dari Zona Kegelapan?

Kamis, 15 Agustus 2024 - 17:20 WIB
Foto/AP

Seiring dengan dimulainya pemerintahan baru di Dhaka, banyak yang bertanya-tanya apakah pemerintahan baru itu akan mampu membawa negara berpenduduk 170 juta orang itu keluar dari apa yang disebut oleh salah satu anggota pemerintahan baru itu sebagai "era gelap".

"Panglima militer telah menjanjikan pemerintahan sementara, tetapi hingga pemerintahan itu resmi dibentuk, ketidakpastian tetap ada karena spekulasi yang meluas," kata Saifullah Sajib, seorang karyawan di sebuah agen perjalanan di Dhaka, kepada Al Jazeera saat ia menyaksikan siaran langsung Yunus dan kabinetnya yang beranggotakan 16 orang yang diambil sumpahnya di istana presiden.

Mengapa Yunus dipilih? Protes di Bangladesh yang dimulai bulan lalu dipimpin terutama oleh puluhan ribu mahasiswa yang menentang sistem kuota untuk pekerjaan pemerintah yang mereka duga menguntungkan mereka yang dekat dengan partai Liga Awami Hasina.

Demonstran yang awalnya damai diserang oleh pasukan keamanan dan pendukung partai Hasina, yang mengakibatkan hampir 300 kematian dan mengubah protes menjadi seruan yang lebih besar agar Hasina mundur.

3. Memiliki Pengalaman Membawa Jutaan Orang Keluar dari Garis Kemiskinan



Foto/AP

Yunus, seorang ekonom dan bankir, dianugerahi Penghargaan Nobel Perdamaian pada tahun 2006 atas upayanya membawa jutaan orang keluar dari kemiskinan melalui pinjaman mikro. Ia juga merupakan kritikus lama Hasina dan memuji keberhasilan protes yang dipimpin mahasiswa sebagai "hari kemerdekaan kedua" bagi Bangladesh.

"Saya merasa sangat lega melihat Dr. Yunus dilantik sebagai kepala pemerintahan sementara," Abdullah Al Mamun, seorang pengusaha di industri garmen, mengatakan kepada Al Jazeera. "Saya berharap seseorang dengan mandatnya akan mampu membimbing negara melewati krisis ini."

4. Menjanjikan Rakyat Bangladesh sebagai Keluarga

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More