Eskalasi di Timur Tengah Memanas, Iran Justru Kirim Ratusan Rudal Balistik ke Rusia

Sabtu, 10 Agustus 2024 - 16:15 WIB
Gedung Putih menolak untuk mengonfirmasi bahwa Iran sedang melatih personel militer Rusia dengan Fath-360 atau bahwa Iran sedang mempersiapkan pengiriman senjata tersebut ke Rusia untuk digunakan melawan Ukraina.



Kedua sumber intelijen tersebut tidak memberikan kerangka waktu yang pasti untuk pengiriman rudal Fath-360 yang diharapkan ke Rusia tetapi mengatakan bahwa pengiriman tersebut akan segera dilakukan. Mereka tidak memberikan informasi intelijen apa pun tentang status kontrak Ababil.

Sumber intelijen ketiga dari badan Eropa lainnya mengatakan bahwa mereka juga menerima informasi bahwa Rusia telah mengirim tentara ke Iran untuk berlatih menggunakan sistem rudal balistik Iran, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Pelatihan semacam itu adalah praktik standar untuk senjata Iran yang dipasok ke Rusia, kata sumber ketiga, yang juga menolak disebutkan namanya karena sensitivitas informasi tersebut.

Seorang pejabat senior Iran, yang meminta identitasnya dirahasiakan, mengatakan Iran telah menjual rudal dan pesawat nirawak ke Rusia tetapi belum menyediakan rudal Fath-360. Tidak ada larangan hukum bagi Teheran untuk menjual senjata semacam itu ke Rusia, sumber itu menambahkan.

“Iran dan Rusia terlibat dalam pembelian suku cadang dan peralatan militer bersama. Bagaimana masing-masing negara menggunakan peralatan ini sepenuhnya merupakan keputusan mereka,” kata pejabat itu, seraya menambahkan bahwa Iran tidak menjual senjata ke Rusia untuk digunakan dalam perang Ukraina.

Sebagai bagian dari kerja sama militer, pejabat Iran dan Rusia sering bepergian antara kedua negara, pejabat itu menambahkan.

Sampai saat ini, dukungan militer Iran untuk Moskow sebagian besar terbatas pada pesawat nirawak serang Shahed, yang membawa sebagian kecil bahan peledak dan lebih mudah ditembak jatuh karena lebih lambat daripada rudal balistik.

Kantor berita semi-resmi Iran Tasnim mengatakan pada bulan Juli 2023 sistem tersebut telah berhasil diuji oleh Pasukan Darat Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) negara itu.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More