Bagaimana Revolusi Gen Z Pertama di Dunia yang Sukses Menggulingkan Diktator Bangladesh?

Kamis, 08 Agustus 2024 - 20:20 WIB
Namun, Hasina telah berhasil mengatasi banyak protes sebelumnya terhadap pemerintahannya yang meletus terutama selama pemilihan umum, sehingga pengunduran dirinya setelah lima minggu kerusuhan dianggap tiba-tiba dan tidak terduga.

5. Revolusi Gen Z Pertama yang Sukses



Foto/EPA

Orang-orang muda, yang menyaksikan rekan-rekan mereka ditembak dan dibunuh, didorong oleh prospek pekerjaan yang suram dan yang lelah dengan korupsi dan penindasan, tidak dapat dihentikan oleh jam malam, pemblokiran internet, atau pasukan keamanan.

“Ini mungkin merupakan revolusi pertama yang dipimpin Gen Z yang berhasil,” kata Sabrina Karim, profesor madya pemerintahan di Universitas Cornell, yang mengkhususkan diri dalam studi kekerasan politik.

Militer mungkin juga berperan dalam pengunduran diri Hasina. Karim mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “tampaknya militer tidak selalu menjadi kekuatan terpadu yang mendukung rezim Hasina.”

“Meskipun ada banyak foto dan video yang beredar tentang tentara yang menggunakan kekuatan mematikan dan menembaki pengunjuk rasa yang tidak bersenjata, beberapa anggota militer menyerukan penyelidikan independen yang dipimpin PBB atas kekejaman ini,” katanya. “Selain itu, beberapa anggota militer mengumumkan kemarin bahwa mereka tidak akan menggunakan kekuatan mematikan terhadap pengunjuk rasa yang berkumpul di ibu kota.”
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More