Israel Sudah Lama Persiapkan Perang Besar dengan Hizbullah, Berikut 4 Faktanya

Kamis, 19 September 2024 - 21:35 WIB
loading...
Israel Sudah Lama Persiapkan...
Israel sudah mempersiapkan perang besar dengan Hizbullah. Foto/AP
A A A
BEIRUT - Lebanon terguncang setelah menghadapi serangan mematikan berturut-turut yang menargetkan anggota Hizbullah – dengan pager meledak secara bersamaan di seluruh negeri pada hari Selasa, kemudian walkie-talkie meledak dengan cara yang sama pada hari Rabu.

Kepanikan, ketakutan, dan kesedihan kini mencengkeram negara itu, dengan pertanyaan yang beredar tentang bagaimana serangan itu bisa dilakukan, dari mana perangkat itu berasal, dan apakah perkembangan terbaru ini dapat menjerumuskan Timur Tengah ke dalam konflik regional yang lebih luas.

Setidaknya 32 orang, termasuk anak-anak, tewas dalam serangan itu, yang oleh pejabat Lebanon disalahkan pada Israel. Ribuan lainnya terluka – banyak yang cacat dan dalam kondisi kritis setelah perangkat komunikasi meledak di saku atau wajah mereka.

Meskipun Israel menolak berkomentar secara terbuka, pada hari Rabu Israel memperingatkan bahwa "era baru" perang sedang dimulai, dan tampaknya secara diam-diam mengakui perannya.

Israel Sudah Lama Persiapkan Perang Besar dengan Hizbullah, Berikut 4 Faktanya

1. Serangan Walkie-Talkie dan Pager secara Berturut-turut

Israel Sudah Lama Persiapkan Perang Besar dengan Hizbullah, Berikut 4 Faktanya

Foto/AP

Serangan pertama terjadi pada Selasa sore ketika pager meledak pada saat yang sama di beberapa bagian Lebanon – termasuk ibu kota Beirut, dan di beberapa kota di lembah Beqaa tengah, benteng bagi kelompok militan Hizbullah yang didukung Iran.

Rekaman video menunjukkan akibat berdarah di jalan-jalan dan tempat-tempat umum. Dalam satu rekaman video CCTV, seorang pria sedang memetik buah di sebuah supermarket ketika sebuah ledakan terjadi – membuatnya mengerang kesakitan di tanah, memegangi perut bagian bawahnya saat kepanikan melanda di sekitarnya.

Rumah sakit Lebanon dengan cepat kewalahan, dengan staf terbatas yang menangani ratusan pasien yang diperban dan berdarah – beberapa di antaranya harus berbaring di lantai saat lebih banyak yang terluka berdatangan.

Serangan kedua terjadi pada hari Rabu, dengan walkie-talkie meledak di pinggiran kota Beirut dan di bagian selatan negara itu.

Seorang saksi yang tidak dapat disebutkan namanya karena alasan keamanan menggambarkan melihat tangan seorang pria putus oleh walkie-talkie yang meledak saat menghadiri pemakaman Hizbullah. Kebakaran terjadi di puluhan rumah, toko, dan kendaraan, dengan video yang menunjukkan asap mengepul di jalan-jalan yang kacau.

2. Melemahkan Poros Perlawanan Iran

Israel Sudah Lama Persiapkan Perang Besar dengan Hizbullah, Berikut 4 Faktanya

Foto/AP

Hizbullah dan Israel telah berkonflik selama beberapa dekade – tetapi keduanya telah meningkatkan serangan lintas perbatasan mereka satu sama lain sejak Oktober lalu ketika perang di Gaza dimulai, menyusul serangan mematikan kelompok Palestina Hamas terhadap Israel.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1045 seconds (0.1#10.140)