Menlu ASEAN Fokus Bahas Laut China Selatan dan Perang Myanmar

Sabtu, 27 Juli 2024 - 20:35 WIB
Menlu ASEAN fokus membahas Laut China Selatan. Foto/EPA
JAKARTA - Para diplomat tinggi dari Asia Tenggara bergulat dengan ketegangan di Laut China Selatan, pertempuran yang meningkat di Myanmar, dan persaingan regional saat mereka bertemu di Laos.

Pertemuan pada Sabtu (27/7/2024) mempertemukan sekutu-sekutu Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara ( ASEAN ) – termasuk Amerika Serikat, China, Rusia, Jepang, India, dan Australia – untuk memperkuat hubungan mereka dan membahas isu-isu keamanan yang kritis.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken tiba di ibu kota, Vientiane, pada hari Sabtu dan diperkirakan akan bertemu dengan mitranya dari China, Wang Yi, karena kedua negara ingin memperluas pengaruh mereka di kawasan tersebut.



Beberapa jam sebelum pembicaraan tersebut, Blinken mengecam “tindakan eskalatif dan melanggar hukum yang dilakukan Tiongkok terhadap Filipina” di Laut China Selatan saat ia berbicara kepada para menteri luar negeri dari blok yang beranggotakan 10 negara tersebut.

Filipina telah terkunci dalam sengketa teritorial yang sudah berlangsung lama dengan China atas beberapa bagian jalur air penting yang dilalui perdagangan senilai triliunan dolar setiap tahunnya.

Negara-negara anggota ASEAN seperti Vietnam, Malaysia, dan Brunei juga memiliki konflik dengan Tiongkok terkait klaim kedaulatannya atas hampir seluruh Laut China Selatan.



Di antara isu-isu lainnya, Blinken juga akan membahas kerja sama ekonomi dan krisis kemanusiaan di Myanmar, menurut pernyataan dari Departemen Luar Negeri AS.

Tidak ada pengumuman besar yang diharapkan karena anggota ASEAN memiliki pandangan yang berbeda tentang beberapa isu. Ada perpecahan dalam kelompok tersebut tentang cara menangani klaim maritim Tiongkok.

Banyak yang khawatir bahwa konfrontasi langsung dapat menyebabkan konflik yang lebih luas. Indonesia juga telah menyatakan kekhawatiran tentang apa yang dilihatnya sebagai pelanggaran Beijing terhadap zona ekonomi eksklusifnya.

Pemerintah Filipina telah bersikap kritis atas kurangnya dukungan dari ASEAN, tetapi dalam kesepakatan yang jarang terjadi, China dan Filipina mengatakan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan yang mereka harapkan akan meredakan situasi tanpa mengakui klaim teritorial masing-masing.

Menteri Luar Negeri Filipina Enrique Manalo mengatakan pada hari Jumat setelah pertemuan dengan Wang dari Tiongkok bahwa mereka sepakat untuk "menghormati perjanjian sementara dengan upaya yang jelas dan tulus".

Pada hari Sabtu, Filipina mengatakan bahwa mereka dapat melakukan misi pasokan ulang untuk pasukannya di beting yang disengketakan di Laut China Selatan tanpa harus berhadapan dengan pasukan China, yang menuai pujian dari Blinken.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong mendesak para penguasa militer Myanmar untuk mengakhiri perang saudara yang semakin intensif dan mematuhi komitmen mereka untuk mengikuti rencana perdamaian konsensus ASEAN.

"Kami melihat ketidakstabilan, ketidakamanan, kematian, penderitaan yang disebabkan oleh konflik," kata Wong kepada wartawan, dilansir Al Jazeera.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More