Selain Kamala Harris, Siapa Saja yang Berpeluang Menggantikan Joe Biden dalam Pilpres 2024?

Senin, 22 Juli 2024 - 14:55 WIB
Namun Whitmer telah mendukung Partai Demokrat di negara bagiannya, membantu memimpin partai tersebut meraih kemenangan bersejarah pada tahun 2022: Whitmer tidak hanya merebut kembali jabatan gubernur, tetapi Partai Demokrat juga menggulingkan DPR dan Senat negara bagian.

Hal ini memberi partai tersebut “trifecta” untuk pertama kalinya sejak 1984.

Secara nasional, Whitmer dalam beberapa hari terakhir kembali menentang Trump. Menjelang rapat umum mantan presiden pada hari Sabtu di Michigan, bersama wakil presiden terpilihnya JD Vance, Whitmer mengunggah video nakal yang mengingatkan Trump bahwa negara bagian tersebut memiliki hak aborsi yang kuat dan menuduhnya mengingkari janji yang dibuat kepada pekerja otomotif di Detroit.



3. Gubernur Illinois JB Pritzker

Seperti banyak orang yang masuk dalam daftar calon pengganti Biden, Pritzker bukan hanya seorang gubernur namun juga merupakan pengganti terkemuka bagi Biden dalam kampanyenya, berupaya menggalang dukungan.

Meskipun negara bagian asal Pritzker, Illinois, merupakan basis pendukung Partai Demokrat, wilayah ini merupakan titik persimpangan utama bagi wilayah Midwest, sebuah wilayah di mana pertanian dan industri bertabrakan.

Illinois juga sangat dekat dengan negara bagian utama seperti Wisconsin. Pritzker telah mencoba memanfaatkan akarnya di wilayah tersebut untuk keuntungannya – dan Biden – dengan berjanji untuk membangun “tembok biru” di seluruh Midwest.

“Inilah hal yang mungkin tidak dipahami oleh orang-orang dari pesisir tentang Demokrat Midwestern. Kami akan menjadi Midwest yang baik kepada Anda, sementara kami Midwest akan mengalahkan Anda,” katanya saat berkampanye, menonjolkan identitas regionalnya sambil mengecam Trump.

Seorang pengacara dengan pengalaman politik puluhan tahun, Pritzker sebelumnya memimpin kampanye kepresidenan Hillary Clinton pada tahun 2008.

Ketika ia mengincar rumah gubernur pada tahun 2017, ia menginvestasikan lebih dari $42 juta kekayaannya dalam kampanyenya: Keluarganya memiliki Hyatt Hotels and Resorts. Sejak itu, dia telah memenangkan dua periode.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More