2 Alasan Utama Joe Biden Mundur dari Pilpres AS

Senin, 22 Juli 2024 - 14:05 WIB
loading...
2 Alasan Utama Joe Biden...
Presiden Joe Biden mundur dari Pilpres AS. Dua alasan utamanya adalah tekanan dari para anggota Partai Demokrat dan masalah kesehatan. Foto/EPA-EFE/JIM LO SCALZO
A A A
WASHINGTON - Presiden Joe Biden mengumumkan pengunduran dirinya sebagai calon presiden (capres) dari Partai Demokrat untuk pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) 2024. Ada dua alasan utama mengapa dia mundur.

Keputusan dramatis Joe Biden yang diumumkan hari Minggu waktu AS tersebut telah mengacaukan pilpres AS 2024 dan memicu pergulatan sengit menuju hari pemungutan suara.

“Merupakan kehormatan terbesar dalam hidup saya untuk melayani sebagai Presiden Anda,” tulis Biden dalam surat yang di-posting di X sebelum pukul 14.00 siang pada hari Minggu, seperti dikutip dari TIME, Senin (22/7/2024).

"Meskipun saya berniat untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin ini demi kepentingan terbaik partai saya dan negara jika saya mundur dan fokus hanya pada memenuhi tugas saya sebagai Presiden selama sisa masa jabatan saya.”



Dalam postingan terpisah yang dikeluarkan beberapa menit kemudian, Biden memberikan dukungannya kepada Wakil Presiden Kamala Harris untuk menjadi calon presiden dari Partai Demokrat.

2 Alasan Utama Joe Biden Mundur dari Pilpres AS

1. Tekanan Puluhan Anggota Partai Demokrat


Tekanan agar Joe Biden mengundurkan diri sebagai calon presiden AS telah meningkat setelah penampilan buruknya dalam debat melawan Donald Trump (capres Partai Republik) pada 27 Juni lalu.

Walaupun presiden AS tersebut menyalahkan kinerja buruknya karena jet lag dan perjalanan internasional, para pejabat di Partai Demokrat tetap mendesaknya untuk mundur dari pilpres AS.

Penentangan terhadap kampanye Biden terus berlanjut dari internal Partai Demokrat selama seminggu terakhir, di mana 36 anggota Kongres dari Partai Demokrat secara terbuka meminta dia untuk mundur.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)