Mengapa Bangladesh Menghadapi Kerusuhan Massal? Berikut 8 Pemicunya

Sabtu, 20 Juli 2024 - 22:22 WIB

5. Sheikh Hasina Hanya Fokus pada Pembangunan Fisik

Di bawah pemerintahan Perdana Menteri Sheikh Hasina selama 15 tahun, Bangladesh telah bertransformasi dengan membangun jalan baru, jembatan, pabrik dan bahkan kereta metro di ibu kota Dhaka.

Pendapatan per kapitanya meningkat tiga kali lipat dalam satu dekade terakhir dan Bank Dunia memperkirakan lebih dari 25 juta orang telah berhasil keluar dari kemiskinan dalam 20 tahun terakhir.

Namun banyak yang mengatakan bahwa sebagian dari pertumbuhan tersebut hanya membantu mereka yang dekat dengan Liga Awami pimpinan Hasina.

6. Tingkat Korupsi yang Meningkat



Foto/Reuters

Luthfa berkata: “Kita menyaksikan begitu banyak korupsi. Terutama di kalangan mereka yang dekat dengan partai berkuasa. Korupsi telah berlangsung lama tanpa ada hukuman.”

Media sosial di Bangladesh dalam beberapa bulan terakhir didominasi oleh diskusi tentang tuduhan korupsi terhadap beberapa mantan pejabat tinggi Hasina – termasuk mantan panglima militer, mantan kepala polisi, petugas pajak senior, dan pejabat perekrutan negara.

Hasina pekan lalu mengatakan dia mengambil tindakan melawan korupsi, dan ini adalah masalah yang sudah berlangsung lama.

Pada konferensi pers yang sama di Dhaka, dia mengatakan bahwa dia telah mengambil tindakan terhadap seorang asisten rumah tangga – atau prajurit infanteri – setelah dia diduga mengumpulkan $34 juta.

Reaksi media Bangladesh adalah bahwa uang sebanyak itu hanya dapat dikumpulkan melalui lobi untuk mendapatkan kontrak pemerintah, korupsi, atau penyuapan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More