Ini Kapal Monster China yang Ditakuti Filipina

Senin, 08 Juli 2024 - 17:20 WIB
Kapal penjaga pantai China memiliki kapal monstren yang ditakuti Filipina. Foto/CNN
MANILA - China menambatkan salah satu dari dua kapal penjaga pantai “monster” miliknya di dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) Filipina pekan lalu dalam apa yang disebut oleh pejabat Filipina sebagai tindakan “intimidasi” dalam sengketa wilayah yang sedang berlangsung antara Beijing dan Manila di Laut China Selatan. .

Juru bicara Penjaga Pantai Filipina Jay Tarriela mengatakan kapal Penjaga Pantai China CCG-5901 berlabuh di dekat Sabina Shoal di Kepulauan Spratly, 130 kilometer barat laut pulau Palawan di Filipina pada tanggal 3 Juli, jauh di dalam ZEE Manila sepanjang 230 mil.

Dengan bobot berbobot 12.000 ton dan panjang 541 kaki, CCG-5901 berukuran tiga kali lebih besar dari kapal patroli utama Penjaga Pantai Amerika Serikat, National Security Cutters – yang membuat banyak pengamat menyebut kapal China tersebut sebagai “The Monster.”



Saat berada di Sabina Shoal, kapal China berlabuh dalam jarak 800 yard dari salah satu kapal terbaru dan terbesar Penjaga Pantai Filipina yang sebelumnya dikerahkan ke wilayah tersebut, kata Tarriela dalam sebuah pos di X.

CCG-5901 berukuran lima kali lebih besar dari kapal Filipina, BRP Teresa Magbanua.

“Ini adalah intimidasi dari pihak Penjaga Pantai Tiongkok,” kata Tarriela dalam sebuah forum pada hari Sabtu, menurut laporan Reuters.

Namun dia mengatakan Filipina tidak akan menarik kembali klaimnya di Laut Cina Selatan.

“Kami tidak akan mundur, dan kami tidak akan terintimidasi,” tambah Tarriela.

CNN telah meminta pihak berwenang China untuk mengomentari klaim Filipina.

China mengklaim “kedaulatan yang tak terbantahkan” atas hampir seluruh Laut Cina Selatan, dan sebagian besar pulau serta gundukan pasir di dalamnya, termasuk banyak wilayah yang berjarak ratusan mil dari daratan China. Berbagai negara, termasuk Manila, memiliki klaim yang saling bersaing.

Pada tahun 2016, pengadilan internasional di Den Haag memenangkan Filipina dalam sengketa penting, yang menyimpulkan bahwa China tidak memiliki dasar hukum untuk mengklaim hak bersejarah atas sebagian besar Laut China Selatan.

Namun Beijing mengabaikan keputusan tersebut. Sebaliknya, China justru semakin memaksakan klaim teritorial maritimnya, dengan kapal-kapal Penjaga Pantai China – yang diperkuat oleh kapal-kapal milisi – terlibat dalam berbagai bentrokan selama setahun terakhir yang telah merusak kapal-kapal Filipina dan menyebabkan para pelaut Filipina terluka oleh meriam air.

Bentrokan di dekat Second Thomas Shoal pada bulan Juni menyebabkan petugas penjaga pantai China mengacungkan kapak dan alat tajam atau runcing lainnya ke arah tentara Filipina dan menebas perahu karet mereka. Seorang tentara Filipina kehilangan jempolnya selama konfrontasi tersebut.

"CCG-5901 tidak terlibat dalam insiden itu tetapi telah berkeliaran di wilayah ZEE Filipina sejak itu," kata Ray Powell, pakar Laut China Selatan dan direktur SeaLight di Pusat Inovasi Keamanan Nasional Gordian Knot di Universitas Stanford, dilansir CNN.

“Segera setelah kebuntuan dramatis di Second Thomas Shoal… Monster tersebut mengunjungi hampir setiap pos terdepan Filipina dan fitur-fitur utama di Laut China Selatan,” kata Powell.

Powell dan analis lainnya mengatakan intimidasi adalah salah satu tugas utama CCG-5901, yang lebih besar dari kapal penjaga pantai biasa di dunia (kapal pemecah es khusus Penjaga Pantai AS lebih besar) dan bahkan berukuran lebih besar dari kapal perusak Angkatan Laut AS.



Kapal perusak kelas Arleigh Burke berbobot 9.700 ton atau kurang dan sekitar 35 kaki lebih pendek dari CCG-5901.

Kapal Pemotong Keamanan Nasional milik Penjaga Pantai AS, berbobot 4.500 ton, sepertiga dari ukuran CCG-5901.

Dalam perbandingan daya tembak, CCG-5901 juga lebih baik daripada kapal pemotong AS, dengan dua senjata utama kaliber 76,2 milimeter dibandingkan dengan satu senjata utama kaliber 57 milimeter di kapal AS.

“Ukurannya yang sangat besar memungkinkan mereka untuk mengintimidasi negara-negara tetangganya sambil menghindari dampak yang semakin besar dari pengiriman kapal militer berlambung abu-abu,” kata Powell, mengacu pada kapal angkatan laut.

Penjaga pantai, yang dikenal sebagai kapal berlambung putih karena warnanya, biasanya ditugaskan untuk penegakan hukum dan operasi pencarian dan penyelamatan. Di sebagian besar negara, mereka biasanya tidak diharapkan ikut serta dalam operasi militer.

Penjaga Pantai AS, misalnya, adalah bagian dari Departemen Keamanan Dalam Negeri AS, bukan Departemen Pertahanan, meskipun kapal Penjaga Pantai AS dapat berada di bawah kendali Angkatan Laut AS dalam skenario tertentu.

Penjaga Pantai China adalah bagian dari Polisi Bersenjata Rakyat China, yang berada di bawah komando Komisi Militer Pusat.

Para analis mengatakan itulah perbedaan utama antara kedua penjaga pantai tersebut.

“Ini sebenarnya tidak dimaksudkan untuk melaksanakan misi penjaga pantai tradisional, tetapi terutama digunakan sebagai elemen sentral dalam kekuatan maritim paramiliter Tiongkok,” kata Powell tentang “The Monster.”

Carl Schuster, mantan direktur operasi di Pusat Intelijen Gabungan Komando Pasifik AS, mengatakan ukuran dan awak CCG-5901 memungkinkannya menjadi kapal komando pusat untuk operasi yang lebih besar.

Dia mencatat bahwa sebuah kapal induk angkatan laut China juga beroperasi di dekat Filipina dalam beberapa minggu terakhir dan bahwa kombinasi keduanya merupakan upaya terkoordinasi untuk menunjukkan kekuatan angkatan laut China yang luar biasa kepada Manila.

China memiliki angkatan laut terbesar di dunia, dalam hal jumlah kapal, serta penjaga pantai terbesar di dunia.

Collin Koh, peneliti di S. Rajaratnam School of International Studies di Singapura, mengatakan “The Monster” menunjukkan kemampuan militer Tiongkok untuk “meningkatkan dominasi,” menambahkan bahwa kapal yang sebelumnya dikirim Filipina ke Sabina Shoal, Teresa Magbanua, adalah salah satu yang terbaik.

"Penjaga Pantai China tidak mau kalah sehingga monster ini datang untuk menunjukkan siapa yang memiliki kekuatan lebih besar,” kata Koh.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More