7 Fakta Nasib Wagner setelah 1 Tahun Kudeta, dari Terpecah Belah hingga Bergabung dengan Tentara Chechnya

Minggu, 23 Juni 2024 - 21:22 WIB
Wagner kini sudah terpecah dan dikendalikan Pemerintah Rusia. Foto/AP
MOSKOW - Rusia telah secara efektif membubarkan dan menggantikan Grup Wagner pada tahun sejak tentara bayaran tersebut mengejutkan dunia dengan melancarkan pemberontakan terhadap pemerintahan Presiden Vladimir Putin.

Yevgeny Prigozhin – mendiang pemimpin pasukan paramiliter – menyeberang dari Ukraina pada tanggal 23 Juni 2023 dan merebut kota selatan Rostov setelah berbulan-bulan ketegangan meningkat dengan para pemimpin militer di Moskow.

Pasukannya kemudian memulai serangan singkat ke ibu kota, tanpa menemui perlawanan. “Pawai untuk keadilan”, sebagaimana Prigozhin menyebutnya, tiba-tiba berakhir pada hari berikutnya setelah dia membatalkan gerak majunya.



Hanya dua bulan kemudian, pesawat Prigozhin jatuh dan dia terbunuh bersama beberapa anggota senior Wagner lainnya, sehingga masa depan kelompok tersebut menjadi tidak pasti.

7 Fakta Nasib Wagner setelah 1 Tahun Kudeta, dari Terpecah Belah hingga Bergabung dengan Tentara Chechnya

1. Wagner Sudah Terpecah Belah



Foto/AP

Sorcha MacLeod, anggota kelompok kerja PBB untuk tentara bayaran dan dosen di Universitas Kopenhagen, mengatakan mantan pasukan Wagner telah terpecah-pecah di seluruh negara Rusia.

"[Wagner] mungkin tidak ada dalam bentuk yang sama seperti sebelumnya, tapi versinya - atau bahkan versinya - masih ada," katanya kepada BBC. “Ada semacam penyebaran di antara negara-negara Rusia sehingga tidak ada satu pun pengendali secara keseluruhan.”

“Grup Wagner sangat penting secara geopolitik dan ekonomi bagi Rusia, sehingga kelompok ini tidak akan pernah hilang seperti yang dikatakan beberapa orang,” tambahnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More