7 Fakta Nasib Wagner setelah 1 Tahun Kudeta, dari Terpecah Belah hingga Bergabung dengan Tentara Chechnya

Minggu, 23 Juni 2024 - 21:22 WIB
Hanya di Republik Afrika Tengah (CAR) Wagner masih beroperasi dalam bayang-bayang bentuk sebelumnya, yang diduga dikendalikan oleh putra Prigozhin, Pavel.

Beberapa hari setelah pemberontakan, Prigozhin dikatakan telah membuat kesepakatan dengan Putin untuk memfokuskan operasi kelompoknya di Afrika, menopang rezim dan mengamankan sumber daya untuk Rusia. Setelah kematiannya, Wakil Menteri Pertahanan Yunus-Bek Yevkurov dilaporkan mengunjungi ibu kota Afrika, meyakinkan para pejabat bahwa layanan yang diberikan oleh kelompok tersebut tidak akan hilang.

Pada bulan Februari, BBC memperoleh dokumen yang mengungkapkan bahwa Moskow menawarkan “paket kelangsungan hidup rezim” sebagai imbalan atas akses terhadap sumber daya alam yang penting secara strategis – sebuah pendekatan yang sebelumnya disukai oleh Grup Wagner.

Rencana tersebut diajukan oleh “kelompok ekspedisi” Rusia – yang dijuluki Korps Afrika – dan dipimpin oleh mantan Jenderal GRU Andrey Averyanov. Dia sebelumnya mengawasi operasi rahasia yang mengkhususkan diri dalam menargetkan pembunuhan dan mengganggu stabilitas pemerintah asing.

Para ahli mengatakan kepada BBC bahwa Korps Afrika telah secara efektif menggantikan Wagner di Afrika Barat. Di Telegram, unit tersebut menawarkan gaji hingga 110.000 rubel per tahun kepada rekrutan dan layanan “di bawah kepemimpinan komandan yang kompeten dengan pengalaman tempur yang luas”.

Pada bulan Januari, mereka mengumumkan pengerahan pertama 100 tentara ke Burkina Faso. 100 lainnya dilaporkan tiba di Niger pada bulan April.

Ruslan Trad, seorang analis keamanan di Dewan Atlantik, mengatakan kepada BBC bahwa Wagner "menjadi Korps Afrika dan sekarang menjalankan fungsi penuh intelijen militer" dan kementerian pertahanan.

“Di Afrika, para prajurit ini melakukan hal yang hampir sama – menjaga jalur perdagangan, mengamankan sumber daya yang digunakan Moskow untuk menghindari sanksi, dan lebih banyak lagi – melayani junta lokal dan mengarahkan arus migran,” ujarnya.

PISM mencatat bahwa Korps Afrika dimaksudkan untuk digunakan "lebih terbuka" dibandingkan Wagner di benua itu dengan tujuan menggantikan pengaruh Barat - dan khususnya Perancis - di Afrika.

BBC Rusia melaporkan bahwa hanya di Republik Afrika Tengah (CAR) Wagner masih beroperasi dalam bayang-bayang bentuk sebelumnya, yang diduga dikendalikan oleh putra Prigozhin, Pavel.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More