Ujian Masuk Kampus Elite di India Diwarnai Kecurangan dan Polemik, 3 Juta Siswa Pun Protes

Sabtu, 22 Juni 2024 - 22:22 WIB

Banyak Nilai Sempurna Menjadi Suatu Hal yang Mencurigakan

Meskipun negara ini fokus pada hasil pemilu nasional India pada tanggal 4 Juni, hasil NEET mengejutkan siswa dan guru: 67 siswa mendapat nilai sempurna 720 dari 720, naik dari dua siswa pada tahun lalu. Dua tahun lalu, pemuncak telah memperoleh nilai 715 – kandidat dengan skor tersebut tahun ini berada di peringkat ke-225.

Setidaknya dua siswa mendapat nilai 719 dan 718 dari 720, hasil yang secara statistik tidak mungkin dilakukan berdasarkan sistem penilaian NEET (+4 untuk jawaban yang benar dan -1 untuk jawaban yang salah), sehingga menambah keraguan atas tuduhan beberapa siswa yang melakukan penyimpangan.

Sebagai tanggapan, NTA membela diri dengan mengatakan bahwa beberapa siswa diberikan “tanda terima kasih” – yang diberikan oleh penguji sesuai kebijaksanaan mereka – dalam kasus di mana para kandidat kehilangan waktu selama ujian karena faktor-faktor di luar kendali mereka.

“Hilangnya waktu ujian dipastikan dan calon tersebut diberi kompensasi dengan tanda tenggang. Jadi, nilai calonnya bisa 718 atau 719 juga,” tulis NTA di X. Namun agensi tersebut tidak membeberkan berapa parameter yang digunakan untuk memberikan tanda.

Akhirnya, mereka memberi tahu Mahkamah Agung dalam sidang bahwa badan tersebut akan membatalkan nilai tenggang dan melakukan tes ulang terhadap 1.563 siswa yang dianugerahi nilai tersebut.

“Ada masalah dalam perilaku NTA sejak awal ujian NEET tahun ini,” kata Shukla, pakar hukum, yang juga telah menulis surat ke Mahkamah Agung dan NTA menuntut penyelidikan yang tidak memihak dan diawasi oleh pengadilan.

“Badan ini dibentuk pada tahun 2013 dengan tujuan memusatkan pemeriksaan dan menghindari kebocoran dokumen di tingkat bawah dan korupsi. Namun, sekarang mereka telah kehilangan muka.”

NEET menguji siswa dalam bidang fisika, biologi dan kimia dengan 180 pertanyaan, dan ujian tersebut diadakan di lebih dari 4.500 pusat di seluruh negeri, di mana siswa menjawab pertanyaan pilihan ganda dengan mengisi gelembung yang sesuai dengan jawaban yang berbeda.

Jika terdapat 304 siswa yang memperoleh nilai 700 atau lebih pada tahun 2023, jumlah tersebut meningkat menjadi 2.100 pada tahun ini. Peringkat kandidat dalam NEET yang sangat kompetitif sangat penting untuk mengamankan penerimaan ke sekolah kedokteran di India.

Dalam sebuah pernyataan yang dibagikan kepada pers, NTA mengaitkan nilai tinggi tersebut dengan jumlah kandidat yang lebih besar, yang meningkat hampir 300.000 dari tahun 2023. Namun, terlepas dari pertanyaan mengenai integritas ujian, nilai tinggi yang luar biasa tahun ini menimbulkan tantangan lain: Sebelumnya, rata-rata nilai 550 dapat menjamin tempat di perguruan tinggi kedokteran yang dikelola pemerintah, yang totalnya mencakup 56.000 kursi.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More