Putin dan Kim Jong-un Tandatangani Pakta Pertahanan, Berikut 5 Konsekuensinya

Rabu, 19 Juni 2024 - 20:40 WIB
Foto/AP

Kemitraan kedua negara merupakan “mesin untuk mempercepat pembangunan dunia multi-kutub baru” dan kunjungan Putin menunjukkan persahabatan dan persatuan mereka tidak terkalahkan dan kokoh, kata kantor berita Korea Utara, KCNA.

Rusia telah memanfaatkan hubungan yang memanas dengan Korea Utara untuk menyerang Washington, sementara Korea Utara yang terkena sanksi berat telah mendapatkan dukungan politik dan janji dukungan ekonomi dan perdagangan dari Moskow.

Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya mengatakan mereka khawatir Rusia akan memberikan bantuan untuk program rudal dan nuklir Korea Utara, yang dilarang oleh resolusi Dewan Keamanan PBB, dan telah menuduh Pyongyang menyediakan rudal balistik dan peluru artileri yang digunakan Rusia dalam perang di Ukraina.

Moskow dan Pyongyang membantah adanya transfer senjata.

Setelah kedatangan Putin di Pyongyang tertunda selama beberapa jam, ia keluar dari pesawatnya menjelang fajar dan disambut oleh Kim sendirian di karpet merah, tanpa upacara akbar yang diadakan Korea Utara untuk menyambut Presiden China Xi Jinping pada kunjungannya pada tahun 2019.

Pasangan itu kemudian menaiki limusin Aurus buatan Rusia milik Putin ke Wisma Negara Kumsusan.

Foto-foto yang diambil media pemerintah menunjukkan jalan-jalan di Pyongyang dipenuhi potret Putin dan bagian depan Hotel Ryugyong berbentuk piramida 101 lantai yang belum selesai dan kosong, diterangi cahaya terang dengan pesan raksasa "Selamat Datang Putin".

Sebagai isyarat bahwa Rusia, anggota Dewan Keamanan PBB yang memegang hak veto, sedang mengkaji ulang pendekatannya terhadap Korea Utara, Putin memuji Pyongyang sebelum kedatangannya karena menolak apa yang disebutnya sebagai tekanan, pemerasan, dan ancaman ekonomi AS.

Dalam sebuah artikel untuk surat kabar resmi partai berkuasa di Korea Utara, ia berjanji untuk "mengembangkan mekanisme perdagangan alternatif dan penyelesaian bersama yang tidak dikendalikan oleh Barat" dan "membangun arsitektur keamanan yang setara dan tidak dapat dipisahkan di Eurasia".
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More