Bukan Hanya Gertak AS, Ini 7 Alasan Kapal Perang Rusia Berkunjung ke Kuba

Sabtu, 15 Juni 2024 - 21:21 WIB

2. Menggertak AS Langsung di Dekat Perbatasan



Foto/AP

Benjamin Gedan, direktur program Amerika Latin di lembaga pemikir Wilson Center yang berbasis di Washington, DC, mengatakan kepada kantor berita The Associated Press bahwa “kapal perang tersebut merupakan pengingat bagi Washington bahwa tidak menyenangkan jika ada musuh yang ikut campur dalam [lingkungan] Anda. ”

Pamer angkatan laut ini juga dimaksudkan untuk meyakinkan sekutu Moskow di Amerika Latin – Kuba dan Venezuela, akan dukungan mereka yang berkelanjutan terhadap Washington, kata beberapa pakar.

Seperti Rusia dan Kuba, Venezuela yang ekonominya terpuruk memiliki hubungan yang tidak menyenangkan dengan Amerika dan berada di bawah sanksi Amerika.

3. Menerjunkan Kapal Siap Tempur

Armada Rusia mencakup total empat kapal.

Laksamana Gorshkov: adalah kapal utama dalam konvoi. Fregat – yaitu kapal perang yang ringan untuk dikemudikan dan mudah bermanuver – adalah salah satu model angkatan laut Rusia yang paling modern. Kapal ini mampu melakukan serangan rudal jarak jauh dan perang anti-kapal selam namun sulit dikenali radar karena penggunaan teknologi siluman. Kapal tersebut dilengkapi dengan rudal hipersonik Zirkon, yang menurut Putin di masa lalu dapat terbang sembilan kali lebih cepat dari kecepatan suara pada jarak lebih dari 1.000 km (lebih dari 620 mil). Kapal ini juga membawa rudal jelajah Kalibr dan Oniks.

Kazan: adalah kapal selam bertenaga nuklir dan memiliki reaktor nuklir. Kendaraan tersebut juga diyakini dilengkapi dengan rudal dari keluarga Kalibr dan Oniks.

Pashin – kapal tanker minyak armada, dan kapal tunda penyelamat – Nikolai Chiker – melengkapi konvoi sebagai kendaraan pendukung.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More