Bukan Hanya Gertak AS, Ini 7 Alasan Kapal Perang Rusia Berkunjung ke Kuba

Sabtu, 15 Juni 2024 - 21:21 WIB
Awak kapal Rusia berlatih menggunakan senjata rudal presisi tinggi dengan bantuan target kapal musuh yang disimulasikan komputer yang terletak pada jarak lebih dari 600 km (lebih dari 320 mil laut), menurut kementerian.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Kuba, sebelum kedatangan armada tersebut, menekankan bahwa tidak ada kapal perang yang membawa senjata nuklir dan menambahkan bahwa kehadiran mereka “tidak mewakili ancaman bagi kawasan”.

“Kunjungan unit angkatan laut dari negara lain adalah praktik sejarah pemerintahan revolusioner dengan negara-negara yang memelihara hubungan persahabatan dan kolaborasi,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

6. Trauma dengan Insiden 1962

Baik Rusia dan Kuba telah lama bersatu dalam menentang Amerika. Selama Perang Dingin, hubungan mereka semakin erat, ketika Uni Soviet berteman dengan Havana yang secara ideologi bersekutu. Moskow memberikan bantuan keuangan, peralatan militer, dan pelatihan angkatan laut, sehingga meningkatkan kekuatan militer negara tersebut di Karibia.

Hal ini memuncak pada tahun 1962 ketika Moskow mentransfer senjata nuklir ke Kuba, yang memicu tanggapan dari AS, yang memberlakukan blokade laut di Havana sebagai tanggapannya. Episode menegangkan itu sekarang dikenal sebagai Krisis Rudal Kuba tahun 1962.

Jatuhnya Uni Soviet membuat Kuba kehilangan mitra ekonomi utamanya dan terjerumus ke dalam depresi ekonomi. Namun dalam beberapa tahun terakhir, kerja sama kedua negara semakin erat.

Para analis mengatakan pameran angkatan laut minggu ini menandai semakin intensifnya hubungan tersebut, namun mencatat bahwa hal itu tidak selalu berarti pengulangan peristiwa pada tahun 1962. Sebaliknya, Kuba, khususnya, sekali lagi tertarik pada Rusia karena alasan ekonomi, bukan karena alasan ideologi.

7. Meyakinkan Loyalitas Rusia kepada Aliansinya di Amerika Latin



Foto/AP

Dalam sanksi perdagangan terlama dalam sejarah modern, AS sejak tahun 1958 telah melarang entitas Amerika melakukan perdagangan dengan Kuba – menyusul penggulingan pemerintahan yang didukung AS di Havana oleh Fidel Castro.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More