Bukan Hanya Gertak AS, Ini 7 Alasan Kapal Perang Rusia Berkunjung ke Kuba

Sabtu, 15 Juni 2024 - 21:21 WIB
Meskipun sanksi telah dilonggarkan pada waktu yang berbeda, namun sebagian besar sanksi tersebut masih tetap berlaku selama bertahun-tahun. Pada tahun 2015, Presiden AS Barack Obama memutuskan untuk memulihkan hubungan diplomatik dengan Kuba setelah 50 tahun, namun penggantinya Donald Trump berbalik arah hampir empat tahun kemudian.

Hal ini turut berkontribusi terhadap berlanjutnya krisis ekonomi di negara Karibia tersebut – dan juga lemahnya kebijakan ekonomi pemerintah – kata para analis.

“Blokade tersebut memenuhi syarat sebagai kejahatan genosida,” kata Menteri Luar Negeri Kuba Bruno Rodriguez Parrilla pada pertemuan Majelis Umum PBB pada bulan November, mengacu pada sanksi AS.

Memburuknya pelayanan publik, pemadaman listrik secara berkala, kekurangan pangan dan bahan bakar, serta inflasi yang tinggi telah mendorong Kuba ke dalam krisis ekonomi terburuk dalam beberapa dekade.

Dalam beberapa tahun terakhir, Kuba kembali beralih ke Rusia dengan tujuan menarik investor asing. Kedua negara, pada bulan Mei lalu, memulai serangkaian kemitraan ekonomi, termasuk kemitraan yang memungkinkan perusahaan Rusia menyewa tanah di Kuba selama 30 tahun – sebuah langkah yang tidak biasa di negara yang sebagian besar tertutup tersebut.

Perdagangan bilateral antara Kuba dan Rusia mencapai $450 juta pada tahun 2022, tiga kali lipat dari tahun 2021, kata para pejabat Rusia. Sekitar 90 persen perdagangan tersebut terdiri dari penjualan produk minyak bumi dan minyak kedelai, karena Rusia memasok bahan bakar yang sangat dibutuhkan negara tersebut.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More