China Terus Dorong Sinifikasi di Xinjiang, Budaya Uighur Perlahan Pudar

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:02 WIB
Dengan demikian, diskriminasi terhadap etnis Uighur berfungsi sebagai sarana menegaskan kendali politik serta memadamkan aspirasi otonomi di kalangan para pemuda Xinjiang yang ingin menyongsong masa depan damai tanpa intervensi Beijing.

Oleh karena itu, semua strategi CCP dipahami sebagai upaya mencapai satu tujuan utama, yaitu mengintegrasikan wilayah tersebut ke dalam ekonomi nasional dan global dengan syarat-syarat yang secara khusus menguntungkan tidak hanya kepentingan etnis Han China, tetapi juga kepentingan CCP.

“Pengawasan Halus” di Xinjiang



Selain menjalankan strategi menekan praktik keagamaan, pemerintah China juga secara agresif mempromosikan bahasa Mandarin ketimbang bahasa Uighur dalam upaya menjadikan penduduk di Xinjiang sebagai orang China.

Kebijakan pendidikan telah diubah untuk memprioritaskan bahasa Mandarin sebagai media komunikasi dan pengajaran hingga mengurangi penggunaan dialek Uighur secara keseluruhan.



Melalui langkah-langkah ini, CCP terus berupaya melemahkan transmisi pengetahuan budaya dan sejarah Uighur ke generasi mendatang, dengan menyerap identitas China yang lebih homogen.

Strategi sinifikasi ini juga menerapkan teknik rekayasa demografi, seperti mendorong migrasi populasi etnis Han ke Xinjiang melalui insentif ekonomi dan proyek pembangunan.

Pergeseran demografi yang diberlakukan CCP bertujuan mengubah komposisi etnis di wilayah tersebut, sehingga menjadikan Uighur sebagai minoritas di tanah kelahiran mereka sendiri.

Pembentukan sistem “pengawasan halus” di Xinjiang merupakan komponen kunci lain dalam memfasilitasi sinifikasi secara menyeluruh di sana.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More