New York Diserbu Laba-laba Joro Raksasa yang Berbisa, Ini 6 Faktanya

Sabtu, 08 Juni 2024 - 22:22 WIB
Laba-laba Joro menyerbu New York. Foto/AP
WASHINGTON - Tamu tak diundang mungkin akan segera menyerbu wilayah Kota New York di Amerika Serikat . Tapi, seberapa cepat pertanyaannya.

Laba-laba Joro, yang pertama kali muncul di negara bagian selatan Georgia satu dekade lalu, perlahan-lahan bermigrasi ke utara. Dan para ilmuwan mengatakan virus ini bisa berpindah ke wilayah Great Lakes, Amerika Serikat bagian timur laut, dan bahkan Kanada dalam beberapa bulan atau tahun mendatang.

Namun para ahli laba-laba mengatakan kita tidak perlu terlalu khawatir terhadap mereka.



“Perasaan saya adalah orang-orang menyukai hal yang aneh, fantastis, dan berpotensi berbahaya,” kata David Nelsen, seorang profesor biologi di Southern Adventist University yang telah mempelajari pertumbuhan laba-laba Joro, dilansir AP. “Ini adalah salah satu hal yang bisa memicu histeria publik.”

Para ilmuwan justru khawatir akan meningkatnya prevalensi spesies invasif yang dapat merusak tanaman dan pepohonan – masalah yang diperburuk oleh perdagangan global dan perubahan iklim, yang membuat kondisi lingkungan setempat menjadi lebih nyaman bagi hama yang sebelumnya tidak dapat bertahan hidup di musim dingin yang sangat dingin.

“Saya pikir ini adalah salah satu spesies ‘kenari di tambang batu bara’ yang mencolok dan mendapat banyak perhatian,” kata Hannah Burrack, profesor dan ketua departemen entomologi di Michigan State University. Namun makhluk pemalu ini hanya menimbulkan sedikit risiko bagi manusia. Sebaliknya, kata Burrack, hama yang datang seperti lalat buah dan penggerek pohon justru dapat menimbulkan lebih banyak kerusakan.

“Ini merupakan kekhawatiran global, karena hal ini membuat semua hal yang kita lakukan dalam hal konservasi, produksi pertanian, dan kesehatan manusia menjadi lebih sulit untuk dikelola,” katanya.

Tapi apa sebenarnya laba-laba Joro itu? Apa ini berbahaya? Dan mengapa penyakit ini menyebar ke seluruh Amerika?

New York Diserbu Laba-laba Joro Raksasa yang Berbisa, Ini 6 Faktanya

1. Disebut Laba-laba Penenun Bola Sutra Emas



Foto/AP

Melansir Al Jazeera, laba-laba Joro, yang secara ilmiah bernama Trichonephila clavata, berasal dari Asia Timur dan dikenal karena kemampuannya menenun jaring dan penampilannya yang khas. Laba-laba Joro sering disamakan dengan laba-laba penenun bola sutra emas (Nephila clavipes) karena kemiripannya.

Laba-laba Joro betina dapat memiliki rentang 8cm hingga 20cm dengan kaki terentang – lebih besar dari tangan manusia. Laba-laba Joro betina biasanya memiliki tubuh berwarna kuning, sedangkan laba-laba jantan, yang lebih kecil, berwarna kuning pucat, hitam, atau coklat.

2. Bisa Terbang karena Memanfaatkan Angin



Foto/AP

Laba-laba Joro tidak mempunyai sayap, tetapi anak-anaknya dapat memanfaatkan angin untuk terbang.

Melalui teknik yang disebut balon, bayi laba-laba Joro melepaskan benang sutra yang memungkinkan mereka mengikuti arus angin. Hal ini memungkinkan mereka untuk pindah ke daerah baru – terkadang menempuh jarak lebih dari 160 km (100 mil).

Bayi-bayi menetas pada musim semi dan musim panas, menjadikannya musim utama ketika laba-laba memperluas jangkauan teritorialnya.

Laba-laba Joro juga punya keunggulan lain. Penelitian pada tahun 2022 yang dilakukan oleh ahli ekologi Universitas Georgia Andrew Davis dan rekan-rekannya menemukan bahwa mereka memiliki metabolisme dan detak jantung yang tinggi, yang memungkinkan mereka bertahan hidup di iklim yang lebih dingin.



3. Pernah Muncul di Georgia

Sejak kemunculan pertamanya di Georgia sekitar 10 tahun lalu, spesies invasif ini mulai menyebar ke utara.

Menurut kelompok nirlaba INaturalis, laba-laba Joro telah terlihat di Maryland, West Virginia, Tennesse, North Carolina dan South Carolina. Hal ini juga terlihat di negara bagian Oklahoma di bagian tengah-selatan.

Dalam penelitian yang dipublikasikan pada bulan November, para ilmuwan di Clemson University di South Carolina mengatakan arakhnida berwarna-warni akan segera mulai bergerak menuju “wilayah Great Lakes di AS dan Kanada yang membentang di sepanjang bagian barat tengah dan timur laut AS, dan hingga ke Kanada bagian timur”.

Bagian barat laut AS dan bahkan Meksiko barat laut juga bisa menjadi habitat yang menguntungkan bagi laba-laba Joro, kata para ilmuwan.

4. Berasal dari China

Laba-laba Joro biasanya berasal dari Jepang, Cgina, Taiwan, dan Korea Selatan.

Kemungkinan besar laba-laba tersebut adalah penumpang gelap di dalam kontainer pengiriman dari salah satu area tersebut dan akhirnya mendarat di pelabuhan di Atlanta, Georgia, menurut sebuah penelitian pada tahun 2015.

5. Berbisa tapi Tak Mematikan

Menurut penelitian yang dilakukan Davis dan rekan-rekannya di Universitas Georgia, laba-laba Joro tidak berbahaya bagi manusia dan hewan peliharaan.

Mereka berbisa, namun gigitannya tidak mematikan, dan taringnya terlalu kecil untuk menusuk kulit manusia.

Seperti spesies invasif lainnya, para ilmuwan khawatir akan dampaknya terhadap tanaman dan pohon, namun bagaimana perilaku laba-laba Joro di peternakan masih menjadi subjek penelitian.

6. Hanya Bertahan Hidup selama 1 Tahun

Umur laba-laba Joro kira-kira satu tahun, jadi umurnya tidak terlalu lama. Dalam sebagian besar kasus, kata para ilmuwan, mereka dapat diabaikan dengan aman, kehadiran mereka lebih dianggap sebagai gangguan daripada serangan hama. Namun peneliti masih mengamati perilaku mereka di lokasi baru beserta pola migrasinya.

Umur laba-laba berbeda-beda. Sebagian besar hidup selama sekitar dua tahun, tetapi ada beberapa contoh di mana laba-laba diamati dapat hidup hingga 20 tahun.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More