3 Negara Pendukung Hizbullah untuk Terus Menggempur Israel

Jum'at, 27 September 2024 - 15:59 WIB
loading...
3 Negara Pendukung Hizbullah...
Serangan udara Israel menghancurkan permukiman di Lebanon. Foto/anadolu
A A A
BEIRUT - Hizbullah telah memulai fase baru dalam konfliknya dengan Israel. Setelah menghadapi serangan ledakan pager dan walkie-talkie, mereka tengah dihadapkan pada serangan besar Zionis yang dipusatkan ke Lebanon.

Sejak pembentukannya, Hizbullah memang menjadikan Israel sebagai musuh utamanya. Mereka seakan tidak takut meski Negara Yahudi itu disokong negara-negara besar seperti Amerika Serikat.

Pada keberadaannya, Hizbullah diketahui memiliki sejumlah sekutu, termasuk negara-negara di Timur Tengah.

Masing-masing dari mereka punya kontribusi yang berbeda-beda, baik dari penggalang dana, penyedia jalur aman hingga pendukung politik. Siapa saja?

Negara Pendukung Hizbullah untuk Terus Menggempur Israel

1. Iran


Selama ini, Iran telah dituding menjadi pendukung dan penggerak utama Hizbullah. Meski Teheran selalu menyangkalnya, sudah menjadi rahasia umum bahwa keduanya ini memang terikat, baik secara sejarah maupun tujuannya.

Singkatnya, Iran menjadi negara yang menginisiasi pendirian Hizbullah di Lebanon. Setelah itu, mereka juga terus memberikan dukungan berupa keuangan, militer hingga politik kepada kelompok tersebut.

Berkaca pada hal tersebut, tak mengherankan jika Hizbullah kini dikenal sebagai kelompok pejuang dengan persenjataan terbesar di dunia. Keberadaannya pun dianggap sebagai ancaman oleh Israel dan para sekutunya di Barat.

Saat ini, Iran dan Hizbullah tetap mempertahankan hubungan yang erat dan saling mendukung satu sama lain dalam berbagai konflik.

Bahkan, jika sampai terjadi perang besar-besaran dengan Israel, Teheran tetap akan memberi dukungan seperti biasanya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0872 seconds (0.1#10.140)