Siapa Rahul Gandhi? Pemimpin Partai Kongres India dan Musuh Utama PM Modi

Kamis, 06 Juni 2024 - 15:45 WIB
Di luar parlemen, Gandhi sering mengingatkan para pendukungnya akan komitmen dan pengorbanan keluarganya, berbicara tentang pembunuhan neneknya, Perdana Menteri Indira Gandhi, dan ayahnya serta mantan perdana menteri Rajiv Gandhi.

Keluarga Gandhi masih mendominasi Kongres dan memiliki loyalitas yang tinggi.

Disamakan dengan Keluarga Kennedy di AS



Foto/AP

Silsilah politik, yang disamakan dengan keluarga Kennedy di Amerika Serikat baik karena kekuasaan yang dimiliki maupun tragedi yang menimpanya, dimulai dengan Motilal Nehru, yang menjalankan praktik hukum pada awal abad ke-20 dan meninggalkan gaya hidup Barat.

Putranya, Jawaharlal, adalah orang kepercayaan dan perdana menteri terdekat pahlawan kemerdekaan Mahatma Gandhi dari tahun 1947 hingga 1964.

Putri Jawaharlal, Indira, menikah dengan seorang Gandhi yang tidak ada hubungannya dengan Mahatma, namun nama tersebut jelas bukan penghalang dalam politik. Indira Gandhi menjadi perdana menteri pada tahun 1966, namun terpilih keluar pada tahun 1977 setelah memberlakukan keadaan darurat internal yang keras di negara tersebut, menjadi orang pertama di keluarganya yang kalah dalam pemilihan nasional.

Namun mistik dinasti tersebut membawanya kembali berkuasa dalam waktu tiga tahun dan putranya Rajiv mengambil alih setelah dia ditembak mati oleh dua pengawalnya pada tahun 1984. Rajiv Gandhi menjabat satu masa jabatan sebagai perdana menteri dan ketika dia berkampanye untuk kembalinya Gandhi pada tahun 1991, dia dibunuh oleh seorang pelaku bom bunuh diri.

Pembunuhan tersebut menjadikan Rahul, ibunya Sonia, dan saudara perempuannya Priyanka termasuk orang yang paling dilindungi di dunia. Orang-orang bersenjata berjas dan berkacamata hitam menjaga mereka di acara-acara publik dan, demi alasan keamanan, Rahul bahkan menggunakan nama palsu di universitas dan ketika dia bekerja di London pada pergantian abad.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More