Jejak Ancaman Mossad kepada ICC dalam Satu Dekade Terakhir

Minggu, 02 Juni 2024 - 22:22 WIB

2 April 2021

Pemerintahan Presiden AS Joe Biden mencabut sanksi terhadap Bensouda yang diberlakukan pada masa jabatan presiden pendahulunya Donald Trump. Namun, AS menegaskan bahwa mereka tetap “sangat tidak setuju dengan tindakan ICC” terkait Palestina.

8 April 2021

Netanyahu mengatakan Israel tidak mengakui kewenangan ICC untuk menyelidiki kemungkinan kejahatan perang di Palestina.

30 April 2024

Netanyahu meminta “para pemimpin dunia bebas” untuk menentang kemungkinan surat perintah penangkapan oleh ICC terhadap pejabat Israel, sebelum permohonan surat perintah tersebut diajukan.

20 Mei 202

Investigasi yang diluncurkan pada tahun 2021 berakhir dengan penerus Bensouda, Khan, yang meminta surat perintah penangkapan terhadap Netanyahu dan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant bersama tiga pemimpin Hamas: Yahya Sinwar, Mohammed Diab Ibrahim al-Masri, dan Ismail Haniyeh. Dalam pernyataannya, Khan berkata: “Saya bersikeras bahwa semua upaya untuk menghalangi, mengintimidasi, atau mempengaruhi secara tidak patut pejabat pengadilan ini harus segera dihentikan.”

21 Mei 2024

Netanyahu menganggap permintaan surat perintah penangkapan sebagai “upaya tercela” untuk ikut campur dalam perang Israel di Gaza.

29 Mei 2024

Netanyahu mengaku terkejut dan kecewa dengan penolakan dukungan Biden
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More