Jejak Ancaman Mossad kepada ICC dalam Satu Dekade Terakhir

Minggu, 02 Juni 2024 - 22:22 WIB
2017-2019

Delegasi Israel, yang dipimpin oleh pengacara dan diplomat Israel terkemuka Tal Becker, melakukan pertemuan rahasia dengan ICC, menantang yurisdiksi Bensouda atas Palestina sehubungan dengan penyelidikan yang dibuka pada tahun 2015.

20 Desember 2019

Bensouda mengumumkan bahwa pemeriksaan awal terhadap situasi di Palestina menemukan “dasar yang masuk akal” untuk menyimpulkan bahwa Israel dan kelompok bersenjata Palestina sama-sama melakukan kejahatan perang di wilayah pendudukan dan kasus tersebut memenuhi semua kriteria berdasarkan Statuta Roma. pembukaan penyelidikan.

2019-2021

Direktur Mossad saat itu, Cohen mengintensifkan upaya untuk membujuk Bensouda agar tidak melakukan penyelidikan. Bensouda secara resmi mengungkapkan kepada sebuah kelompok kecil di ICC bahwa dia telah “diancam secara pribadi”.

2019-2021

Lima sumber yang mengetahui aktivitas Mossad mengatakan kepada Guardian bahwa agen mata-mata tersebut secara rutin mendengarkan panggilan telepon antara Bensouda dan stafnya dengan warga Palestina. Agen Israel juga meretas email kelompok Palestina yang berhubungan dengan ICC. Mossad juga memperoleh transkrip rekaman rahasia suami Bensouda, seorang pengusaha Maroko asal Gambia.

Maret 2020

Delegasi pemerintah Israel dilaporkan mengadakan diskusi di Washington, DC dengan para pejabat senior AS tentang “perjuangan bersama Israel-Amerika” melawan ICC.

Juni 2020

Pejabat senior AS mengatakan mereka akan menjatuhkan sanksi kepada pejabat ICC, dengan mengatakan bahwa mereka memiliki informasi yang tidak disebutkan secara spesifik mengenai “korupsi keuangan dan penyimpangan di tingkat tertinggi kantor kejaksaan”.



Februari 2021

Bensouda mengundurkan diri sebagai jaksa ICC dan Karim Khan mengambil alih peran tersebut.

3 Maret 2021

Bensouda membenarkan bahwa ICC telah memulai penyelidikan terhadap “situasi di Palestina”.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More