4 Dampak bagi Negara Sekutu AS yang Mendukung Kemerdekaan Palestina

Senin, 27 Mei 2024 - 21:40 WIB
Foto/AP

Meskipun memiliki keuntungan hukum dan simbolis, pengakuan terhadap negara Palestina tidak akan serta merta mengubah apa pun di lapangan.

“Hambatan terbesar bagi pembentukan negara Palestina pada bulan Februari 2024 serupa dengan hambatan terbesar yang ada sebelum 7 Oktober,” tulis Dahlia Scheindlin, peneliti di lembaga pemikir AS Century International yang berbasis di Tel Aviv, pada bulan Februari.

“Pertama dan terpenting, kepemimpinan politik Israel berdedikasi untuk mencegah kemerdekaan Palestina dengan segala cara. Kedua, kepemimpinan Palestina benar-benar terpecah dan hampir tidak memiliki legitimasi domestik. Semua hambatan ini semakin parah sejak 7 Oktober,” tulisnya.

“Jika Anda menggunakan tongkat ajaib dan tiba-tiba menciptakan pengakuan terhadap negara Palestina, masih akan ada masalah besar di lapangan,” kata analis Timur Tengah Leech-Ngo. “Ada pendudukan, pemukiman [ilegal], kehancuran di Gaza dan kurangnya kontrol atas perbatasan serta pertanyaan tentang siapa yang mengendalikan Yerusalem. Ada banyak masalah status akhir yang tidak akan terselesaikan secara tiba-tiba – bahkan jika hal itu terjadi. Anda bisa mengayunkan tongkat ajaib,'' tutupnya.

Artikel ini pertama kali diterbitkan pada 13 Februari dan diperbarui pada 22 Mei untuk mencerminkan pengakuan Spanyol, Norwegia, dan Irlandia terhadap negara Palestina.
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More