Daftar Pemimpin Dunia yang Belasungkawa atas Meninggalnya Presiden Iran Ebrahim Raisi

Rabu, 22 Mei 2024 - 14:23 WIB
“Saya tidak melihat adanya perubahan dalam tatanan internal di Iran, kami terus berhubungan dengan sekutu kami di Eropa dan G7 karena kami membicarakan sebuah insiden yang merupakan bagian dari kerangka regional yang sangat kompleks,” katanya.

“Saya berharap kepemimpinan Iran di masa depan mau berkomitmen terhadap stabilisasi dan pengamanan kawasan,” katanya.

9. Jepang

Juru bicara pemerintah Jepang Yoshimasa Hayashi mengatakan negaranya menyampaikan belasungkawa terdalam kepada pemerintah dan rakyat Iran atas meninggalnya Presiden Raisi dan Menteri Luar Negeri Amir-Abdollahian.

10. Yordania

Dalam sebuah postingan di platform media sosial X, Raja Yordania Abdullah menyampaikan “belasungkawa sedalam-dalamnya kepada saudara-saudara, kepemimpinan, pemerintah dan rakyat Republik Islam Iran atas meninggalnya Saudara Presiden Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Saudara Hossein Amir-AbdOllahian dan yang menemani mereka.”

“Semoga Tuhan mengampuni mereka semua. Kami berdiri dalam solidaritas dengan saudara-saudara kami di Iran dalam situasi sulit ini,” lanjut Raja Abdullah.

11. Indonesia

Presiden Indonesia Joko Widodo menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Presiden Raisi.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Duka cita mendalam atas wafatnya Presiden Iran, Yang Mulia Sayyed Ebrahim Raisi, beserta delegasi pendamping yang menyertai beliau dalam musibah kecelakaan di Iran. Doa tulus saya panjatkan bagi keluarga yang ditinggalkan dan masyarakat Iran," tulis Presiden Widodo di X.

12. Malaysia

Perdana Menteri Anwar Ibrahim mengatakan dia sangat sedih dengan berita tersebut, dan menyatakan bahwa dia mendapat kehormatan karena bertemu Raisi pada November lalu.

“Dedikasinya terhadap keadilan, perdamaian, dan kebangkitan ummat [komunitas Islam] sungguh menginspirasi. Kami berkomitmen untuk memperkuat hubungan Malaysia-Iran, bekerja sama demi kemajuan masyarakat kami dan dunia Muslim. Janji kami akan dipenuhi,” kata Ibrahim.

13. Pakistan

Perdana Menteri Shehbaz Sharif mengumumkan hari berkabung di Pakistan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More