China Kerahkan J-20 ke Dekat Markas Jet Tempur Siluman F-35 dan F-22 AS

Minggu, 19 Mei 2024 - 10:06 WIB
Baik F-22 Raptor dan F-35A Lightning II adalah jet tempur generasi kelima yang dipuji karena kemampuan canggihnya, yang sangat penting dalam menghalangi dan melawan ancaman yang ditimbulkan oleh pesaing seperti China dan Rusia.

Faktanya, peneliti militer China telah secara terbuka mengakui ancaman yang ditimbulkan oleh jet siluman ini dalam potensi konflik, khususnya dalam skenario yang melibatkan Taiwan.

Apakah F-22 Benar-Benar Tak Terkalahkan?



F-22 Raptor, yang sering dipuji sebagai puncak superioritas udara, juga menghadapi tantangan yang sama. Simulasi pertarungan udara melawan platform “non-siluman” entah bagaimana telah merusak citra mereka yang tak terkalahkan.

Di antara pertemuan-pertemuan ini, kerugian besar yang diderita pesawat tempur Eurofighter Typhoon dan Rafale Jerman sekitar satu dekade lalu telah banyak dibahas.

Pada 2012, selama latihan tempur udara Bendera Merah Angkatan Udara AS di Alaska, Eurofighter Typhoon Jerman dari Sayap Angkatan Udara Taktis ke-74 Luftwaffe terlibat dalam latihan Basic Fighter Maneuver (BFM) jarak dekat dengan F-22 Raptor.

Meskipun pertempuran udara ini disimulasikan, pilot Jerman menanggapinya dengan serius, dengan mencetak angka pembunuhan terhadap lawan F-22 mereka.

Setelah latihan ini, pilot Jerman membual tentang kemenangan mereka melawan F-22, yang menyebabkan liputan luas oleh media global. Seorang Pilot Jerman mengatakan mereka menikmati “salad Raptor untuk makan siang”.

Laporan yang muncul menunjukkan bahwa dalam skenario pertempuran dalam jangkauan visual (WVR), Eurofighter Typhoon menunjukkan keunggulan dibandingkan F-22, terutama ketika diterbangkan tanpa tangki bahan bakar eksternal.

Salah satu masalah yang disorot adalah kecenderungan F-22 kehilangan energi saat menggunakan vektor dorong (TV), sehingga mempengaruhi kemampuan manuvernya dalam pertempuran jarak dekat. Meskipun F-22 memiliki “tingkat keberhasilan misi yang sangat tinggi” dalam sekitar 80 misi, F-22 tampaknya kesulitan dalam pertempuran satu lawan satu.

Perwira udara Jerman Marc Grune mencatat bahwa Eurofighter Typhoon mengejutkan pilot F-22 dengan kemampuan manuvernya yang agresif, menunjukkan tingkat keseimbangan yang tidak terduga antara kedua pesawat dalam situasi pertempuran jarak dekat.

Namun, kekuatan F-22 terletak pada pertempuran modern dan jarak jauh, di mana kemampuan silumannya memungkinkannya untuk menghadapi banyak musuh di luar jangkauan penglihatan alami pilot.

Angkatan Udara Amerika Serikat menjelaskan bahwa meskipun pertarungan satu lawan satu merupakan salah satu aspek dalam mengevaluasi kemampuan pesawat, F-22 dirancang dan digunakan sebagai bagian dari kekuatan terpadu untuk operasi ofensif.

Pada saat itu, salah satu perwira USAF menegaskan kembali bahwa nilai sebenarnya dari F-22 terletak pada kemampuannya untuk beroperasi bersama-sama dengan pesawat tempur lainnya, mengurangi kemungkinan terjadinya pertempuran jarak dekat sambil tetap mempertahankan kemampuan untuk unggul bila diperlukan.

Selain itu, Raptor USAF menghadapi kerugian dalam bentrokan udara dengan Eurofighter Typhoon Jerman karena pertempuran ini terjadi dalam jangkauan visual (WVR), sehingga menghilangkan kekuatan F-22 dalam integrasi siluman dan sensor.

Biasanya, pilot F-22 akan mendeteksi Typhoon jauh sebelum Typhoon menyadari kehadirannya, sehingga memungkinkan Raptor untuk terlibat dari luar jangkauan visual (BVR) atau mendapatkan posisi yang menguntungkan.

Selain itu, F-22 dibebani dengan tangki bahan bakar eksternal, sehingga menghambat kemampuan manuver dan kemampuan silumannya. Tidak mungkin bagi seorang pilot untuk terlibat dalam pertempuran udara yang mengancam nyawa dengan tangki bahan bakar eksternal terpasang dan kemungkinan besar akan membuangnya saat menghadapi pesawat musuh atau bahkan sebelumnya.

Di sisi lain, Eurofighter Jerman terbang tanpa tangki bahan bakar atau amunisi eksternal, sehingga memberikan mereka kemampuan manuver yang unggul. Hasilnya, pertarungan udara ini menguntungkan Eurofighter Jerman sejak awal.

Pesawat lain yang mendapat perhatian karena mengungguli F-22 adalah pesawat Rafale Prancis. Pada 2009, dalam latihan yang diadakan di Uni Emirat Arab (UEA), satu skuadron F-22 Raptor dari Sayap Tempur Pertama Angkatan Udara AS berpartisipasi bersama pesawat tempur Rafale Prancis, Mirage UEA, dan jet Typhoon Inggris.

Jet Tempur Rafale



Selama latihan kolaboratif, para jet tempur dari masing-masing negara terlibat dalam berbagai evolusi pelatihan, termasuk skenario dogfighting.

Setelah latihan tersebut berakhir, Kementerian Pertahanan Prancis merilis rekaman yang menunjukkan Raptor dalam posisi yang tidak menguntungkan melawan Rafale, yang ditangkap oleh kamera Rafale yang menghadap ke depan.

Meskipun AS membantah bahwa salah satu pesawatnya telah dikalahkan oleh Rafale, AS mengungkapkan bahwa satu F-22 disingkirkan oleh Mirage UEA selama latihan.

Namun, para ahli yang menganalisis rekaman tersebut mencatat kemampuan manuver pilot Prancis yang mengesankan. Pilot mendorong Rafale hingga batas kemampuannya, mencapai hingga 9G selama pertukaran dogfighting.

Video tersebut menggambarkan kemenangan Rafale atas F-22, yang menggarisbawahi peran penting keterampilan pilot dalam pertempuran udara. Terlepas dari keunggulan teknologi F-22, kecakapan pilot dan kecerdasan taktisnya juga merupakan faktor penting.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More