Siapa Alice Guo? Wali Kota Bamban yang Dituding sebagai Mata-mata China

Sabtu, 18 Mei 2024 - 21:21 WIB
"Tidak ada yang mengenalnya. Kami bertanya-tanya dari mana asalnya, itu sebabnya kami menyelidiki hal ini, bersama dengan Biro Imigrasi, karena pertanyaan tentang kewarganegaraannya," kata Marcos kepada wartawan Kamis malam.

Guo mengatakan kepada anggota parlemen bahwa dia "bukan orang yang suka memanjakan, bukan pelindung Pogos".

Sedikit yang diketahui tentang latar belakangnya, hal ini tidak biasa terjadi di pedesaan Filipina, di mana pejabat lokal sering berafiliasi dengan dinasti politik. Dia baru menjalani masa jabatan pertamanya sebagai pejabat terpilih.

KPU menyebut dia mendaftar sebagai pemilih di Bamban pada 2021, atau satu tahun sebelum mencalonkan diri dan menang sebagai Wali Kota.

Nama keluarganya, Guo, juga bukan salah satu nama keluarga umum orang Filipina yang memiliki garis keturunan Tionghoa. Meskipun dijajah oleh Spanyol, Filipina dan China memiliki ikatan budaya yang kuat karena perdagangan selama berabad-abad. Faktanya, negara ini adalah rumah bagi Chinatown tertua di dunia.

Saat ditanyai oleh senator, Guo mengakui bahwa akta kelahirannya baru didaftarkan ke otoritas setempat ketika dia berusia 17 tahun. Dia mengatakan ini karena dia dilahirkan di rumah, bukan di rumah sakit atau klinik. Dia tidak bisa memberikan rincian lebih lanjut.

Dia mengatakan dia bersekolah di rumah secara eksklusif di dalam kompleks keluarga tempat mereka juga memelihara babi. Namun, dia tidak dapat mengingat nama organisasi sekolah asalnya dan hanya menyebutkan salah satu gurunya.

Memiliki Akar Keluarga yang Belum Jelas

Dia mengatakan ayahnya adalah orang Filipina, namun dalam catatan bisnis, ayahnya diidentifikasi sebagai warga negara China.

“Banyak yang bertanya, siapakah Alice Guo?” katanya dalam pidato kampanye tahun 2022, menurut penyiar Manila GMA News.

“Saya Alice Guo dari Bamban. Ibu saya orang Filipina, ayah saya orang China,” katanya dalam bahasa Tagalog.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More