Mengapa Arab Saudi dan Yordania Justru Membantu Israel dalam Perang dengan Iran?

Senin, 15 April 2024 - 22:40 WIB

3. Zionis Merayakan Dukungan Negara-negara Arab



Foto/Reuters

Di internet, beberapa komentator, seperti penulis Haaretz Anshel Pfeffer dan Mairav Zonszein dari International Crisis Group, dengan cepat merayakan keterlibatan Arab. Mereka mengatakan hal ini membuktikan negara-negara Arab dan Israel dapat bekerja sama dan bahwa Israel tidak sendirian di Timur Tengah.

“Serangan Iran juga menggalang dukungan internasional baru terhadap Israel, termasuk dari negara-negara Arab utama yang kritis terhadap serangan Gaza namun tetap mendukung respons militer Israel terhadap serangan pesawat tak berawak tersebut,”ungkap Julien Barnes-Dacey, direktur program Timur Tengah dan Afrika Utara di the Dewan Hubungan Luar Negeri Eropa, dikonfirmasi dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu.

4. Syiah dan Sunni Jadi Akar Permasalahan



Foto/AP

Timur Tengah telah terpecah berdasarkan garis agama-sektarian selama beberapa dekade, dengan negara-negara Teluk Arab dan populasi mayoritas Muslim Sunni berhadapan dengan Iran, yang memiliki mayoritas Muslim Persia dan Syiah.

Pada dasarnya, permusuhan ini dapat dilihat serupa dengan konflik-konflik sebelumnya di Eropa, ketika dua sekte utama Kristen – Protestan dan Katolik – saling bermusuhan.

Negara-negara Timur Tengah Tengah seperti Irak, Suriah dan Lebanon, yang populasinya merupakan campuran Muslim Syiah dan Sunni, serta agama dan etnis lain, terjebak di tengah-tengah karena Iran dan negara-negara Teluk berusaha membangun pengaruh di sana. .

5. Perang Proksi Iran Juga Dominan

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More