Mengapa Perang Menyebar ke Negara Timur Tengah?

Senin, 15 April 2024 - 18:40 WIB


2. Iran Selalu Menebar Pengaruh



Foto/AP

Sejauh ini, belum ada bukti jelas bahwa Iran terlibat aktif dalam persiapan serangan teror Hamas. Meskipun Hamas diketahui didukung oleh Iran, Hamas juga berulang kali mengambil keputusan sendiri di masa lalu.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian telah merujuk pada kemungkinan “tindakan pencegahan” terhadap Israel. Namun, banyak pengamat melihat tujuan utama Iran lebih sebagai melancarkan perang proksi dari jauh dengan mendukung Hamas, Hizbullah, dan kelompok teroris Palestina Jihad Islam, sehingga memaksa Israel terlibat dalam perang dua front secara de facto.

“Kami tidak dapat mengesampingkan bahwa Iran akan memilih untuk terlibat secara langsung,” kata penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan kepada stasiun televisi AS CBS baru-baru ini. “Kami harus bersiap menghadapi segala kemungkinan yang mungkin terjadi.”

Skenario ini paling mengkhawatirkan banyak pakar regional karena intervensi langsung oleh Iran dapat menyeret banyak negara lain, seperti Suriah, Irak, dan sekutu utama Israel, AS, langsung ke dalam konflik.

3. Mesir sebagai Mediator yang Kerap Salah Langkah



Foto/AP

Karena berbatasan langsung dengan Israel dan Gaza, Mesir terkena dampak langsung perang tersebut. Setelah memelihara hubungan diplomatik dengan Israel dan Palestina selama bertahun-tahun, negara ini telah menjadi pusat politik internasional dalam beberapa pekan terakhir.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More