5 Fakta Kemesraan India dengan Zionis Israel

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:13 WIB
Meskipun kesepakatan militer baru berkembang setelah hubungan diplomatik terjalin, kedua negara memang memiliki hubungan rahasia sebelum tahun 1992.

Melansir Middle East Eye, Israel memberi India senjata pada tahun 1962 dan kemudian pada tahun 1965 dalam perang melawan China dan Pakistan. Pada awal tahun 1970-an, kalangan militer India terkesan dan terpikat dengan teknologi Israel.

Setelah beberapa interaksi antara para pemimpin militer pada awal tahun 1990an, India setuju untuk menugaskan atase pertahanan ke Tel Aviv pada tahun 1995.

Pada tahun 1999, Israel memberikan bantuan mendesak kepada India dalam perangnya dengan Pakistan, sebuah langkah yang menjadikan Israel sebagai mitra militer yang dapat diandalkan.



2. Hubungan Mencair setelah Perang Dingin



Foto/Reuters

Sejak berakhirnya Perang Dingin, India berupaya melakukan diversifikasi pemasok senjatanya.

Melansir Middle East Eye, Rusia tetap menjadi pemasok terbesarnya, sementara AS, Prancis, dan Inggris juga tetap menjadi pemasok utama. Namun hubungan India dengan Israellah yang paling menjanjikan.

Menurut Institut Penelitian Perdamaian Internasional Stockholm (Sipri), pengeluaran militer India pada tahun 2021 berjumlah USD76,6 miliar, tertinggi ketiga di dunia, setelah Amerika Serikat dan Tiongkok. Antara tahun 2017-2021, India dan Arab Saudi merupakan importir senjata terbesar di dunia, masing-masing menyumbang 11 persen perdagangan global.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More