7 Alasan UNRWA Sangat Penting bagi Masa Depan Palestina

Minggu, 04 Februari 2024 - 16:29 WIB
Operasi UNRWA tersebar di Tepi Barat yang diduduki – termasuk Yerusalem Timur, Jalur Gaza, Suriah, Lebanon dan Yordania.

2. Membantu 6 Juta Pengungsi Palestina



Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, UNRWA mendukung sekitar enam juta pengungsi Palestina yang tinggal di dalam dan di luar Palestina. Hal ini seperti negara kuasi yang menyediakan layanan langsung, seperti sekolah, pusat kesehatan dasar dan layanan sosial lainnya. Ia juga memberikan pinjaman kepada warga Palestina.

Namun, lembaga ini tidak mengelola kamp pengungsi, karena pemeliharaan hukum dan ketertiban serta keamanan bukan merupakan mandatnya.

UNRWA beroperasi secara terpisah dari Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), yang juga didirikan pada tahun 1949. Meskipun UNHCR memberikan perlindungan dan bantuan sementara kepada pengungsi, UNHCR tidak memiliki mandat atas pengungsi Palestina dalam wilayah operasi UNRWA.

Meskipun memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina, badan UNRWA tidak memiliki mandat untuk memukimkan kembali pengungsi Palestina, yang ditentang oleh Israel.

Pada tahun 2021, sekitar 545.000 anak terdaftar di sekolah UNRWA; Bantuan Program Jaring Pengaman Sosial (SSNP) menjangkau 398.044 penerima manfaat; dan 1,7 juta orang menerima bantuan kemanusiaan penting.

3. Mempekerjakan Ribuan Warga Palestina



Foto/Reuters
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More