5 Alasan Amerika Serikat Menjadi Sekutu Terdekat Israel

Jum'at, 12 Januari 2024 - 22:22 WIB
“Kompleks pengawasan industri militer kedua negara saling terkait erat,” kata Beinin. “Kapasitas Amerika sekarang sampai batas tertentu bergantung pada Israel.”

3. Memiliki Ikatan Ekonomi



Foto/Reuters

AS memiliki ikatan sejarah dan ekonomi yang kuat dengan Israel. AS, yang telah mendukung pembentukan negara Yahudi sejak Perang Dunia II, adalah mitra dagang utama Israel, dengan perdagangan bilateral tahunan barang dan jasa senilai hampir USD50 miliar.

Selain itu, para pejabat AS juga telah lama menyatakan bahwa hubungan Amerika dengan Israel mempunyai nilai strategis sebagai kekuatan stabilisasi di Timur Tengah, mencegah kerusuhan yang akan mengancam akses terhadap pasokan minyak regional yang masih menjadi ketergantungan Amerika.

Awalnya, Israel berfungsi sebagai kekuatan penyeimbang pengaruh Soviet, namun pemikiran ini tetap bertahan bahkan setelah Perang Dingin. Dan hal ini menjadi lebih luas lagi setelah peristiwa 9/11, ketika diketahui bahwa beberapa pelaku serangan adalah warga negara Arab Saudi, yang dianggap AS sebagai sekutu penting lainnya di wilayah tersebut.

Meragukan bahwa AS akan terus bergantung pada Saudi, AS lebih bersandar pada Israel berdasarkan persepsi bahwa Israel mempunyai nilai-nilai dan kepentingan yang sama. Hal ini mencakup komitmen bersama terhadap demokrasi, meskipun rencana Netanyahu yang tidak demokratis untuk merombak sistem peradilan Israel baru-baru ini mempertanyakan hal tersebut.

4. Merepresentasi AS di Timur Tengah



Foto/Reuters

Baru-baru ini, Israel telah menjadi pilar utama dalam tujuan AS untuk menciptakan “Timur Tengah yang terintegrasi, makmur, dan aman” seiring dengan upaya Israel mengalihkan fokusnya ke negara-negara lain di dunia, termasuk Rusia dan Tiongkok.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More