Ada Apa Saja di Terowongan Bawah Tanah Hamas? dari Penjara Sandera hingga Jebakan Maut bagi Tentara Israel

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 03:44 WIB
“Ada seluruh kota di seluruh Gaza di bawahnya dengan kedalaman 40-50 meter. Ada bunker dan markas serta tempat penyimpanan dan tentu saja mereka terhubung dengan lebih dari seribu posisi peluncuran roket.”

Sumber lain memperkirakan kedalamannya mencapai 80 meter.

Salah satu sumber keamanan Barat mengatakan: "Mereka berlari bermil-mil. Mereka terbuat dari beton dan dibuat dengan sangat baik. Bayangkan Viet Cong zaman 10. Mereka punya waktu bertahun-tahun dan banyak uang untuk digunakan."

Sumber keamanan lainnya, dari salah satu negara tetangga Israel, mengatakan terowongan Hamas dari Mesir masih aktif.

"Rantai pasokan masih utuh saat ini. Jaringan yang terlibat dalam memfasilitasi koordinasi adalah beberapa perwira militer Mesir. Tidak jelas apakah tentara Mesir mengetahui hal ini," katanya.

Sejumlah kecil terowongan penyelundupan yang lebih sempit dan dalam masih beroperasi hingga saat ini antara Mesir dan Gaza, menurut dua sumber keamanan dan seorang pedagang di kota El Arish, Mesir, namun terowongan tersebut melambat hingga hampir terhenti sejak konflik Israel-Hamas. perang dimulai.

Para pejabat Mesir tidak segera menanggapi permintaan komentar. Pada hari Rabu, Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mengatakan saat memeriksa unit militer di Suez bahwa peran tentara adalah untuk mengamankan perbatasan Mesir.

3. Kekuatan Pertahanan Hamas



Foto/Reuters

Hamas didirikan di Gaza pada tahun 1987 dan diperkirakan mulai menggali terowongan pada pertengahan tahun 1990an, ketika Israel memberikan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) yang dipimpin Yasser Arafat, pemerintahan sendiri di Gaza.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More