Pakar: Hamas Bakal Ubah Gaza Jadi Perangkap Mematikan bagi Tentara Israel

Selasa, 17 Oktober 2023 - 03:01 WIB
Dalam perang melawan ISIS, kota Fallujah, Ramadi, dan Tikrit menjadi pusat pertempuran sengit. Dibutuhkan lebih dari 100.000 tentara Irak selama beberapa bulan untuk membersihkan ibu kota regional Mosul.

Dibutuhkan lebih dari sekedar serangan artileri dan udara untuk memberantas Hamas.

Hanya pendudukan militer yang akan memberi Israel kesempatan untuk mencapai hal ini.

Spencer telah menjelaskan kepada West Point Military Academy beberapa tantangan yang dia perkirakan.

Roket. “(Hamas) mempunyai ribuan senjata yang dapat digunakan untuk menyerang pasukan darat IDF,” kata Spencer.

Selanjutnya drone. “Hal ini akan jauh lebih parah daripada yang pernah dihadapi Israel dalam pengalaman peperangan perkotaan di masa lalu," ujarnya.

Kemudian terowongan. “Kemungkinan besar terdapat terowongan dan bunker di seluruh kota di bawah permukaan Gaza," paparnya.

Lebih lanjut anti-armor. “Dalam Pertempuran Mariupol tahun 2022, hanya beberapa ribu pembela (Ukraina) yang menggunakan Kornet, NLAW, Javelin, granat berpeluncur roket, dan peluru kendali antitank lainnya untuk menghancurkan banyak kendaraan Rusia, menahan lebih dari dua belas ribu tentara Rusia, dan pada akhirnya menguasai kota mereka selama lebih dari delapan puluh hari," kata Spencer.

Ada juga pertempuran jalanan. “Hamas akan berusaha menggunakan pertahanan dengan mengandalkan pertempuran jarak dekat, titik kuat (bangunan berat yang terbuat dari beton dan baja dan seringkali dengan ruang bawah tanah dan terowongan), dan sniper," ujarnya.

Begitu juga dengan perisai manusia. “Sudah diketahui umum bahwa Hamas menggunakan warga sipil sebagai perisai manusia. Dengan melakukan hal ini, kelompok ini secara efektif terlibat dalam apa yang oleh para ahli disebut sebagai lawfare, menggunakan hukum konflik bersenjata dan hukum humaniter internasional...untuk membatasi tindakan yang dapat dilakukan oleh kekuatan militer yang menyerang," kata Spencer.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Terpopuler
Berita Terkini More