5 Alasan Azerbaijan Mampu Mengalahkan Armenia, Salah Satunya Menggunakan Drone dan Rudal Israel

Kamis, 05 Oktober 2023 - 06:05 WIB
Foto/Reuters

Perdagangan senjata antara Israel dan Azerbaijan mencerminkan hubungan diplomatik mereka, yang pernah digambarkan dalam kabel diplomatik AS yang bocor sebagai “seperti gunung es, sembilan per sepuluhnya… berada di bawah permukaan.” Meskipun telah menjalin kerja sama bilateral selama beberapa dekade, Azerbaijan baru membuka kedutaan besar di Israel tahun ini.

Namun hubungan mereka lebih dari sekadar senjata dan amunisi: angka-angka OEC menunjukkan bahwa Israel membeli 65% minyak mentahnya dari Azerbaijan pada tahun 2021. Negara-negara tersebut juga diyakini berbagi informasi intelijen mengenai Iran, musuh bebuyutan Israel, yang berbatasan dengan Azerbaijan dan memiliki hubungan yang sama. populasi etnis Azeri yang besar dan merupakan minoritas terbesar di negara tersebut.

Azerbaijan juga dilaporkan mengizinkan agen mata-mata Israel, Mossad, menggunakannya sebagai pusat untuk memata-matai Iran.

Menurut Efraim Inbar, pakar hubungan Israel-Azerbaijan dan presiden Institut Strategi dan Keamanan Yerusalem, hubungan antara keduanya semakin kuat sejak tahun 2020.

“Penjualan minyak dan senjata terus berlanjut. Azerbaijan merasakan tekanan yang lebih besar dari Iran yang posisi internasionalnya membaik,” kata Inbar kepada CNN melalui email. “Tidak ada simpati yang besar (di Israel) terhadap Armenia yang dipandang sebagai sekutu Iran.”

Dalam wawancara baru-baru ini dengan Jerusalem Post, duta besar Armenia untuk Israel mengatakan senjata Israel ditembakkan ke “warga sipil yang damai” meskipun masyarakat sipil Israel “sangat pro-Armenia dalam kasus Nagorno-Karabakh dan pengakuan atas genosida Armenia.”

4. Menggunakan Rudal Buatan Israel



Foto/Reuters

Namun hanya ada sedikit oposisi politik di negara tersebut yang menjual senjata ke Azerbaijan, kata Inbar.

“Penjualan senjata tidak mendapat banyak publisitas,” tambahnya. “Namun, kontribusi drone Israel terhadap perang Azerbaijan sudah diketahui dengan baik. Israel bangga dengan persenjataan mereka. Penjualan senjata dianggap baik bagi Israel.”

Namun meskipun visibilitasnya tinggi di Karabakh, peran drone tidak boleh menutupi peran senjata Israel lainnya, menurut Nersisyan, analis pertahanan di APRI Armenia.

“Orang-orang menganggapnya sebagai senjata super,” katanya. “Tentu saja itu sangat penting, tapi ada peran senjata jenis lain.”

Diantaranya adalah rudal LORA Israel, yang pertama kali dibeli Azerbaijan dari Israel pada tahun 2017 menurut SIPRI.

Pada bulan Oktober 2020, Azerbaijan berulang kali menyerang daerah dekat gardu listrik di Stepanakert menggunakan senjata buatan Israel. Mantan letnan kolonel di Angkatan Darat Pertahanan Artsakh mengatakan kepada CNN bahwa dia menyaksikan sendiri salah satu serangan ini. Diameter dan kedalaman kawah di sana menunjukkan bahwa militer Azerbaijan telah menggunakan rudal LORA, katanya, seraya menambahkan bahwa rudal tersebut menghantam sebuah bangunan tempat tinggal.

Pertanyaannya adalah sejauh mana Israel bersedia mendukung Azerbaijan dalam konfliknya dengan Armenia. Krisis perbatasan yang sedang berlangsung antara kedua negara telah mengakibatkan serbuan Azerbaijan ke wilayah Armenia, dan pasukan Azerbaijan saat ini menduduki wilayah perbatasan Armenia di provinsi Syunik di selatan.

Banyak orang di Armenia khawatir bahwa Azerbaijan yang semakin berani akan berusaha menyerang negara mereka, namun hal ini dibantah oleh Azerbaijan. Beberapa ketakutan berpusat pada Nakhchivan, wilayah Azerbaijan yang terkurung daratan dan berbatasan dengan Turki dan Armenia, serta keinginan Baku untuk membangun koridor transportasi yang menghubungkannya dengan wilayah lain di negara tersebut.

“Azerbaijan tidak memiliki tujuan atau sasaran militer apa pun di wilayah kedaulatan Republik Armenia,” Hikmet Ajiyev, penasihat kebijakan luar negeri Ilham Aliyev, mengatakan kepada Reuters pada 1 Oktober.

Beberapa komunitas internasional menyerukan tindakan terhadap Azerbaijan setelah eksodus Armenia dari Karabakh. Di Amerika Serikat, dimana terdapat banyak diaspora Armenia, hampir 100 anggota Kongres telah menyerukan sanksi terhadap Baku, dan anggota parlemen di Uni Eropa juga meminta blok tersebut untuk mempertimbangkan tindakan hukuman.

Wezeman, peneliti di SIPRI, mengatakan Israel mungkin mendapat tekanan dari sekutu Baratnya untuk mempertimbangkan kembali penjualan senjata ke Azerbaijan.

“Ini akan merusak hubungannya dengan Azerbaijan, tetapi pada saat yang sama, Israel harus memikirkan hubungannya dengan negara-negara Eropa, yang merupakan mitra yang lebih penting.”

5. Bagi Israel, Azerbaijan Lebih Penting Dibandingkan Armenia



Foto/Reuters

Juru bicara Kementerian Pertahanan Israel mengatakan mereka tidak bisa berkomentar ketika dihubungi CNN.

Efraim Inbar mengatakan Israel ingin menjaga reputasinya sebagai pemasok yang dapat diandalkan ke Azerbaijan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More