5 Alasan Azerbaijan Mampu Mengalahkan Armenia, Salah Satunya Menggunakan Drone dan Rudal Israel

Kamis, 05 Oktober 2023 - 06:05 WIB
Azerbaijan mendapatkan dukungan penuh Israel dalam perang melawan Armenia. Foto/Reuters
BAKU - Pada tanggal 19 September, hari ketika Azerbaijan memulai serangannya di wilayah Nagorno-Karabakh yang mayoritas penduduknya Armenia, Marut Vanyan mendengar suara tidak menyenangkan di langit di atas kampung halamannya.

“Saya bukan ahli militer,” kenang Vanyan, seorang jurnalis, dilansir CNN. “Tetapi saya mendengar dengan sangat, sangat jelas… auman di atas saya. Saya yakin itu adalah drone.”

Vanyan, yang merupakan penduduk lama Stepanakert, yang pernah menjadi kota terbesar di Nagorno-Karabakh, mengenali suara tersebut dari tahun 2020, ketika Azerbaijan mengobarkan perang selama 44 hari untuk wilayah tersebut dan wilayah sekitarnya dengan bantuan senjata Turki dan Israel.

Vanyan mengambil video langit di atas Stepanakert, kelabu dan berawan, deru baling-baling terdengar jelas di latar belakang, dan mempostingnya di X.

Menurut Leonid Nersisyan, seorang analis pertahanan dan peneliti di Applied Policy Research Institute (APRI) Armenia, sebuah lembaga pemikir independen, suara tersebut adalah suara Harop dari Israel Aerospace Industries, sebuah amunisi yang berkeliaran dan dikenal karena suara menusuk yang dihasilkannya saat turun pada suatu sasaran.



Berikut adalah 5 alasan Azerbaijan mampu mengalahkan Armenia.

1. Menggunakan Drone Buatan Israel



Foto/Reuters

Pasukan Azerbaijan menggunakan Harop – sering disebut sebagai “drone bunuh diri” – dan drone Israel lainnya sepanjang perang tahun 2020.

Hidung kendaraan udara tempur tak berawak Harop yang dikembangkan oleh Israel Aerospace Industries ditampilkan pada Autonomous Robotics Unmanned System Expo, di kota pesisir Rishon Le Tsyion, selatan Tel Aviv pada 26 November 2014.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More