10 Negara yang Paling Sering Dilanda Badai, Nomor 2 dan 6 Tetangga Indonesia

Senin, 21 Agustus 2023 - 11:10 WIB
Foto/Reuters

Tidak banyak lagi yang bisa menyerap energi badai sebelum menghantam daratan di Filipina karena letaknya tepat di atas khatulistiwa dan menghadap Pasifik barat. Salah satu siklon tropis terkuat yang pernah tercatat adalah Topan Haiyan, juga disebut Topan Super Yolanda di Filipina.

Haiyan menghancurkan sebagian Asia Tenggara saat mendarat, terutama Filipina. Dengan sedikitnya 6.300 kematian di Filipina saja, ini adalah salah satu topan paling mematikan yang tercatat.

Hanya Goni pada 2020 yang dapat melampaui Haiyan sebagai siklon tropis terkuat kedua yang mendarat dalam catatan sejarah, yang diikat dengan Meranti pada 2016. Selain itu, Haiyan adalah siklon tropis terkuat tahun 2013 secara global. Selain itu, topan paling mematikan kedua di Filipina adalah yang satu ini.

3. Jepang



Foto/Reuters

Jepang lebih mungkin terkena gempa bumi, topan, dan bencana alam lainnya karena iklim dan geografinya.

Topan Vera adalah topan tropis yang kuat yang melanda Jepang pada bulan September 1959. Itu adalah topan terkuat dan paling mematikan yang pernah tercatat melanda negara itu. Itu adalah badai Kategori 5 kelas bawah. Perkiraan biaya kerusakan menyebutkan total lebih dari USD261 juta, setara dengan USD2,43 miliar pada tahun 2021.

Sebagian besar laporan mengatakan bahwa sekitar 5.000 orang tewas, dan ratusan lainnya masih hilang. Selain korban meninggal, hampir 40.000 orang terluka, dan 1,6 juta lainnya kehilangan rumah. Sekitar 834.000 rumah hancur di seluruh negeri, dan sekitar 210.000 hektare lahan pertanian rusak.

Vera adalah topan paling mematikan dalam sejarah Jepang karena kerusakan yang ditimbulkannya. Itu lebih buruk dari topan Muroto 1934.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More