Korban Tewas Ledakan Bom saat Rapat Partai Politik di Pakistan Jadi 44 Orang

Senin, 31 Juli 2023 - 07:22 WIB
Pihak berwenang telah mengumumkan keadaan darurat kesehatan di rumah sakit distrik.

Beberapa orang yang terluka parah terpaksa menunggu di lorong klinik kesehatan yang berjuang untuk mengatasi banyaknya jumlah korban.

"Seorang pemimpin regional JUI-F, Maulana Ziaullah, tewas dalam ledakan itu," kata pejabat setempat kepada BBC.



JUI-F adalah partai politik agama yang cukup besar dan merupakan bagian dari koalisi pemerintah di parlemen Pakistan.

Perdana Menteri Pakistan Shehbaz Sharif mengutuk mereka yang bertanggung jawab sebagai teroris yang telah menargetkan mereka yang berbicara untuk Islam, Quran dan Pakistan serta mengatakan mereka akan menghadapi hukuman nyata.

"Para teroris adalah musuh Pakistan, kami akan melenyapkan mereka dari muka bumi," kata PM Pakistan dalam sebuah pernyataan.

Pertemuan politik tersebut merupakan kesempatan bagi JUI-F untuk menggalang dukungannya, menjelang pemilihan yang diperkirakan akan berlangsung akhir tahun ini.

Sementara belum ada yang mengatakan bertanggung jawab atas serangan itu, cabang lokal kelompok Negara Islam (IS) di Pakistan mengklaim berada di balik beberapa serangan tahun ini di Bajaur dan sebelumnya mengklaim menargetkan JUI-F.

Pada bulan Juni, para militan mengatakan mereka berada di balik pembunuhan seorang pejabat partai di desa Inayat Killi.

ISIS mengeluarkan klaim atas nama cabang "Provinsi Khorasan" (ISKP), yang beroperasi di Afghanistan dan barat laut Pakistan. Kelompok itu juga mengklaim serangan di Pakistan atas nama cabang "Provinsi Pakistan".

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More