6 Kebijakan Kontroversial Pangeran Mohammed Bin Salman yang Buat AS Murka

Selasa, 06 Juni 2023 - 10:54 WIB
Pangeran Mohammed bin Salman mencoba melawan dominasi Amerika Serikat (AS). Foto/Reuters
RIYADH - 2023 menjadi tahun penting dalam sejarah diplomasi Arab Saudi . Berbagai kebijakan luar negeri yang dibuat putra makhkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman perubahan signifikan.

Apa yang dilakukan Pangeran Mohammed Bin Salman merupakan provokasi bagi Amerika Serikat (AS), pelindung tradisional Saudi.

“Apa yang kita saksikan adalah awal dari strategi baru Arab Saudi, tekad mereka untuk mengambil keuntungan penuh dari dunia multipolar yang menggantikan era dominasi Amerika,” kata Cinzia Bianco, spesialis Teluk di Dewan Eropa untuk Hubungan Luar Negeri. "Ini diversifikasi strategis, cara menyebarkan taruhan untuk menutupi diri mereka sendiri dengan lebih baik," katanya dilansir Lemonde.



Berikut 6 kebijakan kontroversial Pangeran Mohammed Bin Salman yang membuat AS marah dan murka.

1. Menyambut Nicolas Maduro





Foto/Reuters

Venezuela Presiden Nicolas Maduro berkunjung ke Arab Saudi dan disambut hangat oleh Mohammed bin Salman. Itu sebagai upaya Saudi memperluas jangkauan diplomatiknya di luar aliansi tradisional Barat.

Maduro merupakan musuh AS terbaru yang mengunjungi Arab Saudi ketika kerajaan itu membangun kembali aliansi tanpa restu dari Amerika Serikat, sekutu lamanya. Kunjungan Maduro dilakukan sehari sebelum Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mendarat di Arab Saudi untuk melakukan pembicaraan dengan para pemimpin Saudi.

2. Memeluk Bashar Al-Assad

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More