Betapa Bangkrutnya Pakistan Tak Punya Uang untuk Haji

Kamis, 01 Juni 2023 - 14:26 WIB
Pakistan telah mengembalikan 8.000 kuota yang tidak digunakan ke Arab Saudi. Ini dilaporkan akan menghemat pemerintah USD24 juta.

Menurut sumber di Kementerian Agama, langkah itu bertujuan untuk menghemat anggaran karena pemerintah harus membayar biaya tambahan untuk setiap jatah kursi yang tidak terpakai. Oleh karena itu, Pakistan memutuskan untuk mengurangi kerugiannya.

Pemerintah Pakistan mempertimbangkan untuk mengalokasikan kuota haji yang tidak terpakai ke operator swasta. Namun, memutuskan untuk tidak melakukannya di tengah kekhawatiran bahwa pemain swasta akan membeli dolar dari pasar terbuka.

Setiap tahun, negara mengadakan undian untuk membagikan kursi haji. Tapi tahun ini, ini ditangguhkan karena diperkirakan kekurangan aplikasi.

Berapa Biaya Haji?



Tahun ini, biaya haji Rs1,2 juta dalam Rupee Pakistan ($4300) untuk satu jamaah. Tahun lalu, biayanya sekitar Rs710.000 setelah subsidi. Biaya telah meningkat sekitar 75 persen tahun ini.

Peningkatan yang signifikan terjadi karena devaluasi rupee Pakistan.

Maskapai penerbangan nasional Pakistan, Pakistan International Airline, telah mengumumkan tarif untuk haji pribadi, berkisar antara USD870 hingga USD1.180 per jamaah dari wilayah selatan. Harga tiket pesawat untuk jamaah di wilayah utara akan menelan biaya antara USD910 hingga USD1.220.

Ibadah haji akan dimulai pada 26 Juni tahun ini.

Apakah Pemerintah Pakistan Memberi Subsidi Haji?

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More