Betapa Bangkrutnya Pakistan Tak Punya Uang untuk Haji

Kamis, 01 Juni 2023 - 14:26 WIB
Krisis uang tunai parah melanda Pakistan, yang membuatnya kesulitan memberangkatkan warganya untuk ibadah haji ke Makkah, Arab Saudi. Foto/REUTERS
ISLAMABAD - Pemerintah Pakistan untuk pertama kalinya mengembalikan kuota haji ke Arab Saudi, dalam langkah yang akan menghemat USD24 juta.

FirstPost, media yang berbasis di India, menyoroti parahnya krisis uang tunai yang dialami Pakistan hingga kesulitan memberangkatkan warganya untuk ibadah haji ke Makkah, Arab Saudi.

"How bankrupt Pakistan has no money for Hajj [Betapa bangkrutnya Pakistan tidak punya uang untuk haji]," bunyi judul laporan media tersebut, Kamis (1/6/2023).



Ibadah haji telah menjadi "barang mewah" di Pakistan dengan biaya naik hampir 75 persen sejak tahun lalu.



Pakistan menghadapi krisis uang tunai yang belum pernah terjadi sebelumnya. Rupee-nya adalah salah satu mata uang dengan kinerja terburuk secara global pada tahun 2023.

Inflasi di negara itu naik ke rekor 36,4 persen pada bulan April, tertinggi di Asia Selatan. Harga makanan pun meroket.

Di tengah kondisi yang sulit semua tersebut, biaya haji menjadi tidak terjangkau. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Pakistan, yang sangat ingin menghemat uang, telah menyerahkan kembali kuota hajinya ke Arab Saudi.

Berapa Kuota Haji Pakistan?

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More