3 Cara untuk Mengalahkan Dominasi Amerika Serikat

Kamis, 25 Mei 2023 - 15:13 WIB
Persaingan dengan China, dampak dari perang Rusia di Ukraina dan pertengkaran sekali lagi di Washington mengenai plafon utang AS telah menempatkan status dolar sebagai mata uang dominan dunia di bawah pengawasan baru. Tren tersebut dikenal dengan de-dolarisasi yang bisa saja terjadi.

Data Dana Moneter Internasional (IMF) menyatakan, cadangan devisa dolar resmi turun ke level terendah 20 tahun sebesar 58% pada kuartal keempat 2022. Stephen Jen, CEO Eurizon SLJ Capital Limited, mengatakan pergeseran itu lebih terasa jika disesuaikan dengan nilai tukar.

"Apa yang terjadi pada tahun 2022 adalah anjloknya pangsa dolar secara nyata," kata Jen. Itu merupakan reaksi terhadap pembekuan setengah dari cadangan emas dan FX Rusia senilai USD640 miliar setelah invasi 2022 ke Ukraina. Ini telah memicu pemikiran ulang di negara-negara seperti Arab Saudi, Cina, India, dan Turki tentang diversifikasi ke mata uang lain.

Misalnya, India membeli minyak Rusia dalam dirham dan rubel. China beralih ke yuan untuk membeli minyak, batu bara, dan logam Rusia senilai USD88 miliar. Perusahaan minyak nasional China CNOOC dan TotalEnergies Prancis menyelesaikan perdagangan LNG pertama mereka yang diselesaikan dengan yuan pada bulan Maret.

De-dolarisasi akan membutuhkan jaringan eksportir, importir, pedagang mata uang, penerbit utang, dan pemberi pinjaman yang luas dan kompleks untuk secara mandiri memutuskan untuk menggunakan mata uang lain.

"Fungsi dolar semuanya saling memperkuat", kata Barry Eichengreen, profesor ekonomi dan ilmu politik Universitas Berkeley.

"Tidak ada mekanisme untuk membuat bank, perusahaan, dan pemerintah mengubah perilaku mereka pada saat yang bersamaan."



2. Mengintensifkan Perang Dagang

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More