3 Cara untuk Mengalahkan Dominasi Amerika Serikat

Kamis, 25 Mei 2023 - 15:13 WIB
Foto/Reuters

Perang dagang antara AS dan China sebenarnya merupakan upaya Beijing melemahkan Washington.

Ray Dalio, Pendiri Bridgewater Associates, lembaga pengelola aset, memperingatkan bahwa China bisa mengalahkan AS dalam perang dagang mereka. “China memenangkan perang dagang jika Anda hanya mengambil angka – persentase perdagangan dunia dan dominasinya,” kata Dalio, dilansir New York Post.

Kemudian, Pinelopi Koujianou Goldberg, pakar ekonomi di Universitas Yale, perang dagang akan menyebabkan gangguan pada rantai nilai global yang kompleks akan meningkatkan harga bagi konsumen dan menghambat kemajuan teknologi. Kerja sama dalam isu-isu penting seperti perubahan iklim akan terganggu. Dan pekerja di AS masih belum akan melihat kembalinya industri manufaktur yang telah lama hilang.

"Paling-paling, perang ekonomi akan memberi AS berupa kemenangan Pyrrhic (berdarah-darah). Paling buruk, itu bisa memulai perang dingin baru dan membawa kita selangkah lebih dekat ke konfrontasi militer," kata Goldberg.

3. Menghancurkan dari Dalam Negeri AS



Foto/Reuters

Dalio mengatakan tantangan utama yang dihadapi AS berasal dari dalam, termasuk “kemerosotan infrastruktur, pendidikan, konflik

politik, kepemimpinan.”
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More