7 Pemimpin Dunia Beretnis Tionghoa, Termasuk Penguasa Tetangga Indonesia

Sabtu, 06 Mei 2023 - 00:48 WIB
Foto/REUTERS

Tsai Ing-wen adalah Presiden Republik China atau Taiwan kelahiran 31 Agustus 1956. Politisi beretnis China ini mulai menjabat presiden sejak 24 Oktober 2019 dan saat ini berkuasa untuk periode kedua.

Sekadar diketahui, Taiwan merupakan wilayah pelarian para pemimpin China yang kalah dari kubu komunis selama perang saudara di masa silam. Beijing sampai saat ini menganggap pulau Taiwan sebagai bagian dari China, meski pulau itu telah memerintah sendiri secara demokratis.

Tsai merupakan politisi unik. Dia merupakan wanita pertama yang terpilih mengisi kantor kepresidenan. Dia juga presiden pertama yang tidak menikah, dan yang pertama tidak pernah memegang jabatan eksekutif terpilih sebelum jabatan kepresidenan.

Presiden Tsai merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Nasional Taiwan pada tahun 1978. Dia meraih gelar Master of Laws di Sekolah Hukum Universitas Cornell pada tahun 1980 dan kemudian meraih gelar Ph.D. dalam hukum di Sekolah Ekonomi London pada tahun 1984.



3. Lee Hsien Loong (PM Singapura)





Foto/REUTERS

Lee Hsien Loong, lahir 10 Februari 1952, adalah Perdana Menteri (PM) Ketiga Singapura yang menjabat sejak 12 Agustus 2004.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More