Negara-negara yang Pernah Putus Hubungan Diplomatik

Jum'at, 31 Maret 2023 - 20:20 WIB
Arab Saudi dan Iran sepakat untuk menjalin kembali hubungan diplomatiknya, pada Jumat (10/3/2023). Perjanjian tersebut dicapai di Beijing dengan ditengahi China.



Setelah kesepakatan tercapai, media pemerintah Iran mengunggah gambar serta video Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran Ali Shamkani dengan Penasihat Keamanan Nasional Arab Saudi Musaad bin Mohammed al-Aiban, serta Wang Yi, diplomat senior China.

“Setelah menerapkan keputusan tersebut, para menteri luar negeri kedua negara bertemu guna mempersiapkan pertukaran duta besar,” bunyi siaran televisi pemerintah Iran.

Dalam video tersebut, Wang menyampaikan selamat sepenuh hati atas kebijaksanaan kedua negara.

Sekadar diketahui, Arab Saudi memutuskan hubungan dengan Iran setelah massa demonstran yang marah menyerbu pos diplomatik Saudi di Teheran pada 2016.

Amuk demonstran di Iran terjadi setelah Arab Saudi mengeksekusi ulama Syiah terkemuka setempat, Nimr al-Nimr atas tuduhan terlibat kegiatan terorisme.

3. Bahrain-Israel



Bahrain kembali membuka hubungan diplomatiknya dengan Israel pada 2020. Kesepakatan tersebut ditandatangani di Ibu Kota Bahrain, Manama.

Pejabat Bahrain dan Israel kala itu menandatangani “joint communique” untuk membangun hubungan diplomatik secara penuh.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More