Negara-negara Anggota SCO yang Dipimpin China, Terbaru Arab Saudi

Jum'at, 31 Maret 2023 - 20:02 WIB
Pembahasan tentang bergabungnya Arab Saudi dengan organisasi itu pertama kali dibahas selama kunjungan Presiden China Xi Jinping ke Riyadh pada Desember 2022 lalu.

Keputusan Saudi untuk bergabung dengan SCO adalah salah satu langkah untuk melakukan pergeseran dari ketergantungan pada Barat, khususnya Amerika Serikat, dan bergerak ke arah Timur.



2. Iran



Iran baru saja ditambahkan ke negara anggota tetap dalam KTT 2022 SCO yang diadakan di Uzbekistan. Kedelapan negara anggota SCO memberikan persetujuan untuk meningkatkan status Iran dari negara pengamat menjadi anggota penuh.

Iran mengajukan untuk bergabung dengan organisasi tersebut sebagai anggota penuh pada tahun 2008 dan baru bisa diresmikan pada tahun 2022, setelah menjadi anggota pengamat selama lebih dari 15 tahun.



3. India



Pada 9 Juni 2017, India resmi menjadi anggota penuh Shanghai Cooperation Organization (SCO). India mengajukan keanggotaan penuh SCO dengan berbagai pertimbangan geostrategis, keamanan dan ekonomi.

Seiring bergabungnya India dalam SCO, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan kerja sama antara India dan anggota SCO lainnya. Dengan demikian, organisasi ini dapat membantu melayani kepentingan geostrategis, keamanan dan ekonomi India di kawasan Eurasia dengan lebih baik.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More