Perbandingan Biaya Haji Indonesia dan Negara Muslim Lainnya, Siapa Lebih Murah?

Rabu, 25 Januari 2023 - 21:02 WIB
Jamaah haji mengelilingi Kabah saat mereka berdoa di Masjidilharam, selama ibadah haji tahunan di kota suci Mekkah, Arab Saudi, 12 Juli 2022. Foto/REUTERS/Mohammed Salem
JAKARTA - Rencana kenaikan biaya haji di Indonesia tengah menjadi perbincangan hangat belakangan hari. Adapun usulan terkait penambahan biaya tersebut sebelumnya disampaikan langsung Kementerian Agama Republik Indonesia.

Mengutip informasi dari laman The New Arab, Rabu (25/1/2023), biaya haji di masing-masing negara relatif berbeda. Selain itu, untuk besarannya sendiri juga kerap berubah setiap tahunnya.

Lantas, bagaimana perbandingan biaya haji di tanah air dengan negara-negara lain yang memiliki mayoritas penduduk muslim? Simak ulasannya!

Berikut perbandingan biaya haji Indonesia dengan negara-negara muslim lainnya.

1. Indonesia



Pada tahun 2023 ini, Kementerian Agama RI telah mengusulkan kenaikan biaya haji untuk jamaah tanah air.

Mereka mengusulkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2023 menjadi Rp98,89 juta atau naik sekitar Rp500 ribu lebih dibanding tahun lalu.

Nantinya dari angka tersebut, biaya yang ditanggung jamaah adalah sebesar 70%, yakni Rp69,19 juta. Sementara sisa 30% dibayar dari nilai manfaat pengelolaan dana haji.

2. Qatar
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More