Periksa Layanan Haji, Putra Mahkota Arab Saudi Tiba di Mina

Selasa, 27 Juni 2023 - 23:27 WIB
loading...
Periksa Layanan Haji, Putra Mahkota Arab Saudi Tiba di Mina
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman tiba di Mina atas nama Raja Salman untuk memeriksa layanan yang ditawarkan kepada jemaah haji, Selasa (27/6/2023). Foto/Ilustrasi
A A A
RIYADH - Kantor berita resmi Arab Saudi , Saudi Press Agency (SPA) melaporkan, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman tiba di Mina atas nama Raja Salman untuk memeriksa layanan yang ditawarkan kepada jemaah haji, Selasa (27/6/2023).

Ibadah haji tahunan dimulai pada hari Senin, hari kedelapan Dzulhijjah, dengan jutaan umat Muslim dari seluruh dunia ambil bagian untuk pertama kalinya sejak sebelum pandemi COVID-19.

Selama haji, jutaan jemaah berkumpul di Makkah untuk memulai ritual wajib bagi semua Muslim yang berbadan sehat dan mampu.

Pada Selasa pagi, jemaah mulai berbaris menuju Gunung Arafat setelah menghabiskan hari di Mina.



Menurut Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Dr. Tawfiq al-Rabiah ibadah Haji tahun ini telah menarik lebih dari 1,8 juta jemaah dari lebih dari 150 negara.

Menurut Otoritas Umum Statistik, seperti dilansir dari Al Arabiya, 346.214 jemaah datang dari berbagai negara Arab, yang merupakan sekitar 21 persen dari total jumlah jemaah.

Mayoritas peserta, berjumlah lebih dari 1 juta orang, datang dari negara-negara Asia kecuali negara-negara Arab. Angka ini mewakili 63,5 persen dari keseluruhan kehadiran, mencerminkan persentase tertinggi di antara semua wilayah.

Ibadah Haji menarik 222.863 peserta dari negara-negara Afrika tidak termasuk negara-negara Arab, yang merupakan 13,4 persen dari total jumlah jamaah. Sisanya 2,1 persen, yakni sebanyak 36.521 jemaah, berangkat dari Eropa, Amerika, dan Australia.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)