China Gantung Kesepakatan Laut China Selatan

Kamis, 30 April 2015 - 18:12 WIB
China Gantung Kesepakatan Laut China Selatan
China Gantung Kesepakatan Laut China Selatan
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan pemerintah negara-negara di kawasaan ASEAN terus berusaha untuk menyelesaikan negosiasi dengan China terkait sengketa Laut China selatan. Selama ini, China memang terus menggantung kesepakatan tersebut.

Direktur Jenderal kerjasama ASEAN, I Gusti Wesaka Puja menyatakan, para pemimpin ASEAN sudah mengingatkan kepada China, bahwa mereka tidak bisa selamanya menggantung kesepakatan tersebut.

"Itu yang sedang kita upayakan pada China, supaya mereka juga paham bahwa proses negosisasi CoC ini tidak bisa open handed. Harus pada suatu saat, pada titik tertentu kita selesaikan," ucap Puja pada Kamis (30/4/2015).

Namun, ketika ditanya apakah China sudah memiliki komitmen mengenai batas akhir sampai kapan negosiasi ini akan berlanjut, Puja menyatakan belum ada komitmen apapun yang diperlihatkan China mengenai hal ini.

"Belum ada komitmen dari mereka mengenai deadline, tapi mereka sudah mengenai komitmen dan itu sudah mereka sampaikan untuk early conclusion. Jadi, penyelesaian yang lebih awal dari negosiasi CoC tersebut," lanjut Puja.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5227 seconds (0.1#10.140)