Mugabe Sebut PBB Sebagai Organisasi Egois

Rabu, 22 April 2015 - 17:06 WIB
Mugabe Sebut PBB Sebagai Organisasi Egois
Mugabe Sebut PBB Sebagai Organisasi Egois
A A A
JAKARTA - Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe menyebut PBB sebagai organisasi yang egois. Menurutnya, PBB tidak pernah mendengarkan suara dari negara-negara Afrika dan Asia.

"Sistem PBB tidak berlaku adil kepada semua negara-negara anggotanya, dengan mendahulukan suara dari negara-negara anggota permanen Dewan Keamanan (DK PBB)," kata Mugabe dalam pidatonya di pertemuan pemimpin negara Konfrensi Asia-Afrika (KAA) di Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Presdien kontroversial itu menilai, kekuatan yang diemban oleh anggota tetap DK PBB teramatlah besar. Sama halnya dengan Presiden Joko Widodo, Mugabe menilai perlu ada reformasi di tubuh PBB.

“Suara anggota tetap (DK PBB) berpengaruh sangat besar dibandingkan suara negara-negara yang membutuhkan bantuan. Kita harus berusaha mencapai kesuksesan dalam kerjasama ini. Memperkuat persatuan kita agar PBB melihat semua anggotanya secara setara,” ucap Presiden berusia 91 tahun tersebut.

Mugabe sendiri mendapat kehormatan menjadi pemimpin sidang dalam pertemuan para pemimpin negara KAA. Ia menjadi pemimpin sidang bersama dengan Presiden Joko Widodo.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5500 seconds (0.1#10.140)